Diplomasi Memuji Jokowi Taklukkan Tokoh Kunci G20

Sabtu, 19 November 2022 - 16:14 WIB


Presiden Joko Widodo berfoto bersama para pemimpin redaksi media nasional

usai berdiskusi perihal perhelatan G20, di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali,

Kamis (17/11). Foto: Sekretariat Presiden RI

Misalnya, untuk Presiden Xi Jinping. Presiden Jokowi memanggilnya dengan sebutan Kakak Besar aliasbig brother. Lalu, untuk Presiden Joe Biden, Jokowi memanggilnya dengan sebutan senior. Tidak hanya dari sisi usia, Biden, ucap Jokowi, juga memiliki banyak sekali pengalaman politik di parlemen dan eksekutif sebelum terpilih jadi Presiden AS menggantikan Barack Obama . Panggilan akrab inilah yang membuahkan kedekatan dan suasana kebatinan yang hangat.

Kedekatan Biden kepada Jokowi juga dibuktikan saat Presiden AS itu memberi hormat kepada Presiden Jokowi di acara G20. Bahkan, Biden disebut sebagai satu-satunya pemimpin dunia yang memberi hormat kepada Presiden Indonesia itu. “Kita menggunakan cara agar suasana yang tegang menjadi cair dan perundingan tidak macet,” ungkap Jokowi.

baca juga: Langkah Pasti Indonesia dalam Konferensi G20

Presiden Jokowi juga mengaku cukup dekat dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron. Karena keduanya seringkali melakukan pembicaran via telepon dalam berbagai hal. Ini juga tampak saat akhir gala dinner di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Rabu (16/11). Macron masih terlihat berbincang intens dengan Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman saat kepala negara lain sudah meninggalkan lokasi jamuan makan malam itu.



Sejumlah pemimpin redaksi media juga leluasa menyampaikan pertanyaan dan tanggapan atas paparan yang disampaikan Presiden Jokowi. Sehingga tidak terasa diskusi yang diselingi sarapan soto dan bakso itu sudah berlangsung hampir satu jam. Sementara Presiden Jokowi sedang bersiap terbang ke Bangkok pagi itu, untuk menghadiri KTT Apec.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More