Deretan Jenderal TNI yang Menjadi Pahlawan Nasional

Selasa, 08 November 2022 - 08:41 WIB


Foto/ist

Jenderal Tahi Bonar Simatupang atau yang dikenal TB Simatupang mengawali karier militer saat masuk KMA (Koninklijke Militaire Academie) Bandung pada 1940. Setelah kemerdekaan Indonesia, Simatupang bergabung dengan TKR (Tentara Keamanan Rakyat) dan ikut bergerilya bersama Jenderal Soedirman.

Semasa Perang Kemerdekaan, Simatupang diangkat menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Perang pada 1948-1949. Setelah Jenderal Soedirman meninggal dunia pada 1950, Simatupang diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Perang Indonesia (KSAP) dengan pangkat Mayor Jenderal.

Pada 1954, Simatupang diangkat menjadi Penasihat Militer di Departemen Pertahanan. Ia pernah berseteru dengan Presiden Soekarno. Pada 1959, Simatupang pensiun secara dini.

Setelah pensiun, ia aktif dalam kegiatan gereja serta menulis buku, Simatupang meninggal dunia Pada 1990 dan dimakamkan di Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberinya gelar pahlawan nasional pada 2013.

4. Basuki Rahmat



Foto/ist

Jenderal Basuki Rahmat lahir di Tuban, 4 November 1923. Ia merupakan seorang tokoh militer, politikus, dan pahlawan nasional. Basuki Rahmat adalah jenderal yang menjadi saksi penandatanganan Supersemar.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More