15 Tokoh Penting di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda, Ada yang Keturunan Tionghoa

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 06:00 WIB
5. Djoko Marsaid

Dalam Kongres Pemuda II, Djoko Marsaid hadir sebagai ketua dari Jong Java. Ia juga memiliki peran sebagai wakil ketua Kongres Pemuda II.

6. Amir Syarifuddin

Amir Syarifuddin Harahap merupakan pemuda asal Medan yang lahir pada 17 April 1907. Dalam kongres, ia hadir membawa nama Jong Bataks Bond. Ia juga menjadi bendahara kongres, dan menjadi penyumbang ide dalam perumusan naskah Sumpah Pemuda.

7. Sie Kong Liong

Sie Kong Liong merupakan seorang pemuda keturunan Tionghoa. Ia lahir pada 3 Januari 1878. Ia merupakan penyedia lokasi rapat ketiga untuk Kongres Pemuda II. Rumahnya yang berada di Jalan Kramat Raya 106 dijadikan sebagai lokasi Kongres Pemuda II. Hingga saat ini, atas prakarsa Soenario, rumah Sie Kong Liong ditetapkan menjadi Gedung Sumpah Pemuda, yang saat ini menjadi Museum Sumpah Pemuda.

8. Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo

Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo merupakan seorang tokoh penting dalam perumusan naskah Sumpah Pemuda. Ia lahir di Cepu, Jawa Tengah pada 7 Januari 1905. Ia dikenal sebagai tokoh Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII). Dalam Kongres Pemuda II, ia merupakan sekretaris perumusan naskah Sumpah Pemuda.

9. Sarmidi Mangoensarkoro

Sarmini Mangoensarkoro merupakan seorang aktivis pendidikan asal Surakarta, yang lahir pada 23 Mei 1904. Ia hadir dalam Kongres Sumpah Pemuda I dan II untuk menyampaikan materi. Pada Kongres Pemuda I dan II, ia memaparkan mengenai pendidikan kebangsaan pada rakyat Indonesia dan anak-anak.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More