Spesifikasi dan Persenjataan KRI Ajak-653 Bikin Ngeri! Berikut Rinciannya

Senin, 03 Oktober 2022 - 06:20 WIB
Spesifikasi dan persenjataan yang ada di KRI Ajak-653 cukup memberi ngeri musuh. Pasalnya, KRI Ajak-653 ini sudah di-upgrade dan telah menyelesaikan uji tembak. Foto/Ist
JAKARTA - Spesifikasi dan persenjataan yang ada di KRI Ajak-653 dinilai cukup memberi ngeri musuh. Pasalnya, KRI Ajak-653 ini sudah di-upgrade dan telah menyelesaikan uji tembak.

Di mana TNI AL bersama PT Len telah menggelar uji tembak meriam 57 mm dan 40 mm KRI Ajak-653. Uji tembak dilakukan dengan menggunakan remote Combat Management System (CMS) di Perairan Masalembu, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

KRI Ajak-653 telah melalui pemeliharaan depo (hardepo) atau pemeliharaan perbaikan kapal secara menyeluruh pada Desember 2021.

Baca juga: Mahal, Prabowo Akui Investasi Alutsista Dilema buat Pemerintah

Pada kapal telah dilakukan upgrade hardware dan software CMS Mandhala, serta integrasinya dengan sistem persenjataan, radar, dan sensor-sensor kapal perang.



Setelah di-upgrade, KRI Ajak-653 kini sudah dilengkapi dengan combat system buatan Len yang terintegrasi dengan senjata meriam 57 mm dan 40 mm, radar navigasi, radar surveillance, sensor (electro-optical targeting system) EOTS, gyro vertical, speedlog, hingga sensor arah angin.

Direktur Bisnis dan Kerja sama Len, Wahyu Sofiadi mengatakan, uji tembak di Masalembu pada awal Desember berjalan baik. "CMS Mandhala pertama kali digelar di KRI Ajak pada tahun 2014," kata Wahyu.

"Sekarang, selain upgrade CMS dan integrasinya dengan sensor dan sistem senjata, Len juga melakukan perbaikan senjata meriam 57 mm, 40 mm, 20 mm, perbaikan radar surveillance, perbaikan dome sonar, dan integrasi pengadaan EOTS," tambahnya.

CMS merupakan brainware yang berfungsi melakukan pengolahan data dari berbagai sensor menjadi informasi navigasi, potensi ancaman, serta reaksi yang dapat dilakukan untuk melumpuhkan ancaman tersebut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More