Berharap Energi Murah dari Badan Usaha Swasta

Kamis, 29 September 2022 - 17:23 WIB
Pemerintah pun perlu memberikan ruang dan level playingfield yang sama. Agar rakyat memiliki banyak pilihan dalam mengakses energi murah di Tanah Air. Apabila swasta diberikan dukungan dan ruang yang lebih luas untuk mengembangkan infrastrukturnya, hal itu tentunya akan mengurangi beban subsidi BBM yang harus digelontorkan oleh negara. Beban subsidi itu tentunya akan beralih ke swasta.

Dengan populasi kendaraan bermotor yang sangat besar, mustahil apabila swasta tidak tertarik untuk mengembagkan infrastrukturnya. Ganjalan berupa batas bawah dan batas atas harga BBM Umum perlu dihapus, sehingga swasta tertarik untuk melakukan investasi pengembangan infrastruktur tak hanya di kota-kota besar, tetapi juga di pelosok daerah.

Narasi nasionalisme tak perlu pula digaungkan saat masyarakat beralih menggunakan BBM yang dijual oleh swasta. Karena, narasi tersebut sangat kontradiktif dengan narasi polaritatif dan intimidatif yang sebelumnya massif digaungkan oleh pihak-pihak tertentu.

Dengan keterlibatan swasta dalam menghadirkan energi murah, khususnya BBM, selain akan mengurangi beban subsidi negara dan mengurangi kerugian badan usaha, pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan rakyat, karena subsidi benar-benar tepat sasaran dan berkeadilan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More