Profil Rahmat Shigeru Ono, Tentara Jepang yang Memihak Indonesia dan Mendapat Penghargaan dari Pemerintah

Rabu, 17 Agustus 2022 - 14:05 WIB
Baca juga : Dr Oen, Dokter Pejuang Kemerdekaan, Penolong Wong Cilik hingga Jenderal Sudirman

Menurut penuturan salah satu anaknya yang bernama Eru Suyono, setiap tanggal 10 November ayahnya selalu menyempatkan diri mengunjungi lokasi tewasnya komandan pasukan gerilya istimewa, Ichiki Tatsuo.

Kala itu, dia melewati pertempuran sengit melawan Belanda yang menewaskan komandannya. Rahmat Shigeru Ono sendiri terluka parah dan membuatnya kehilangan tangan kirinya.

Selepas meninggalkan dinas militernya, Ono menetap di Kota Batu, Jawa Timur. Di sanalah dia bertemu Darkasih yang menjadi istrinya.

Di akhir hidupnya, Rahmat Shigeru Ono meninggal dunia pada 25 Agustus 2014 dalam usia 95 tahun. Dia dimakamkan di Kompleks Makam Pahlawan Suropati, Kota Batu, Jawa Timur. Yang tersisa hanyalah puing-puing kenangan di rumahnya yang berada Jalan Cemara Kipas, Sidomulyo, Batu.

Di rumah tersebut terpampang foto Rahmat Shigeru Ono yang dikelilingi beberapa piagam penghargaan dan sebilah samurai peninggalannya. Di dinding lainnya, ada juga bintang veteran dan bintang gerilya yang diberikan oleh Presiden Soekarno.
(bim)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More