Presiden Terpilih Prabowo Perlu Menguatkan Lagi Hubungan dengan Jepang

Minggu, 18 Agustus 2024 - 13:50 WIB
loading...
Presiden Terpilih Prabowo...
Pengamat Hubungan Indonesia-Jepang Zenzia Ihza Sianica. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Akhir tahun 2024 ini menjadi momen penting bagi hubungan Indonesia-Jepang yang menginjak usia 66 tahun. Pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah selayaknya kembali menguatkan hubungan Indoenesia-Jepang, bukan hanya di level pemerintahan, tetapi juga di sektor swasta.

Ini perlu dilakukan untuk meningkatkan investasi langsung (foreign direct investment) yang sangat dibutuhkan Indonesia untuk mencapai target pertumbuhan 8 persen per tahun.



“Indonesia sangat butuh investasi langsung yang punya efek terciptanya lapangan kerja. Ini pasti akan menjadi pilar pertumbuhan. Agak susah membayangkan, target pertumbuhan yang dicanangkan Pak Prabowo 8 persen itu tidak bisa dicapai tanpa foreign direct investment. Dari Jepang salah satunya,” ujar Pengamat Hubungan Indonesia-Jepang Zenzia Ihza Sianica, belum lama ini.

Dia menilai ada kecenderungan melemahnya tren investasi Jepang ke Indonesia. Dia mengutip laporan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang menunjukkan tingkat investasi Jepang di Indonesia dalam satu dekade terakhir memang relatif menurun.

Dalam catatan BKPM, nilai investasi Jepang tercatat pernah mengalami titik tertinggi pada 2016 sebesar 5,4 miliar dolar AS, dan pernah hanya tingal 2,26 miliar dolar AS, yang menjadi titik terendah investasi Jepang di Indonesia tahun 2021.

Pada tahun 2023 lalu, Jepang tercatat sebagai negara penanam modal asing terbesar keempat di Indonesia dengan total investasi 3,26 miliar dolar AS berdasarkan data realisasi investasi PMA per kuartal III 2023.

Karena itu, untuk meningkatkan citra Jepang di Indonesia, 685 perusahaan Jepang yang tergabung dalam Japan Jakarta Club (JJC) gencar melaksanakan proyek netral karbon yang juga merupakan kontribusi langsung dalam mencapai target Indonesia net zero 2060.

Menurut Zenzia, perusahaan Jepang di Indonesia juga aktif berperan dalam pengembangan SDM. Saat ini perusahaan Jepang telah menciptakan 7,2 juta lapangan pekerjaan.

“Dalam waktu yang bersamaan mereka merancang, merangkum, dan menggalakkan program magang bagi pencari kerja, program internship bagi siswa-mahasiswa, dan juga program upskill SDM dengan menggunakan standar nasional yang diperbarui terus berkembang,” ungkapnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)