Kejahatan di Dunia Maya Memprihatinkan, Ketua DPP Perindo Tekankan Pentingnya Keamanan Siber

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:31 WIB
Mantan anggota Komisi I DPR ini menyebut, dalam beberapa tahun terakhir juga terjadi perang siber antara Indonesia dengan Malaysia meskipun tidak melibatkan pemerintah kedua negara. Namun aksi para hacker ini menyerang fasilitas siber milik pemerintah Malaysia maupun Indonesia.

”Pertahanan militer berbasis siber penting bagi Indonesia karena semakin banyak infrastruktur strategis dan layanan publik yang bergantung pada sistem informasi, teknologi, dan jaringan,” kata Nuning.

Pengamat militer dan intelijen ini menekankan pentingnya keamanan siber atau cyber security karena tingkat kejahatan di dunia maya sudah mencapai tahap memprihatinkan. Berbeda dengan penanganan kejahatan lainnya, cyber security membutuhkan pemikiran yang komprehensif untuk menanganinya.

Cyber security merupakan upaya untuk memastikan pencapaian dan pemeliharaan sifat keamanan organisasi dan aset pengguna terhadap risiko keamanan yang relevan dalam lingkungan siber,” kata Nuning.

Tujuan keamanan umum terdiri dari ketersediaan alat dan integritas termasuk di dalamnya keaslian dan kerahasiaan. Global cyber-security dibangun di atas lima bidang kerja, yaitu kepastian hukum; teknis dan tindakan prosedural; struktur organisasi; capacity building dan pendidikan; dan kerja sama internasional.

”BSSN juga harus mau berkoordinasi di bawah BIN. Serta meningkatkan kemampuan SDM nya, jangan justru mereka dihambat untuk tambah pinter,” ucapnya
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More