Inilah Satuan Elite Pasukan Tengkorak, Yonif Para Raider 305 Kostrad

Senin, 18 Juli 2022 - 05:30 WIB


Foto/Instagram Penkostrad

Peningkatan Kualitas

Seiring perjalanan waktu, kemampuan pasukan ini terus diasah dan ditingkatkan dengan beragam latihan. Dari infanteri reguler, skill dikhususkan pada lintas udara atau Linud. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar Para di Batujajar, pada 20 Mei 1966 nama Batalyon menjadi sebagai Yonif Linud 305/Tengkorak Brigif 17 Linud Kujang, Kodam VI/Siliwangi.

Setahun kemudian, pasukan menempuh pendidikan raider di Kompleks Cititis, Garut. Pada 20 Januari 1968, Yonif Linud 305/Tengkorak menjadapat julukan Kujang Raider. Raider merupakan salah satu pasukan elite TNI AD. Setiap prajurit Raider wajib punya kemampuan operasi di semua medan seperti kota, hutan, gunung, sungai, rawa, laut, pantai, dan udara.

Setiap prajurit Raider menguasai 3 kemampuan yakni, kemampuan sebagai pasukan antiteroris untuk pertempuran jarak dekat. Kemampuan sebagai pasukan lawan gerilya dengan mobilitas tinggi, dan Kemampuan untuk melakukan pertempuran-pertempuran panjang. Pada 1975, markas batalyon berpindah dari Garut ke Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat.

Pada 2015 lalu, sebanyak personel Yonif Linud 305/Tengkorak kembali melangsungkan kegiatan latihan Raider di Pusdikpassus, Batujajar, Bandung. Berdasarkan Peraturan KSAD Nomor 55 Tahun 2016, Yonif Linud 305 / Tengkorak menjadi Yonif Para Rider 305/Tengkorak.



Foto/Youtube TNI AD

Pengalamaan Tugas
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More