Berkunjung ke Museum Bank Indonesia, Mengintip Peninggalan Uang Kuno Kerajaan hingga Kompeni

Rabu, 06 Juli 2022 - 20:02 WIB


Nama lain uang Gobok adalah keping cinta, konon katanya uang ini sengaja dibuat oleh salah satu Raja Banten untuk menyatakan besar cintanya kepada sang istri.

Uang Gobok ini bentuknya bulat namun terdapat lubang di tengah karena pengaruh koin dari China, atau koin-koin serupa yang berasal dari China dan Jepang. Koin-koin ini ternyata tidak dipergunakan sebagai alat pembayaran, namun diberikan sebagai persembahan di kuil-kuil, sehingga uang Gobok ini disebut juga koin-koin kuil.

3. Uang Kampua



Uang Kampua ini sangat unik dan berbeda, karena terbuat dari kain tenun. Menurut sejarahnya, uang ini berlaku pada masa Kerajaan Buton di Sulawesi. Dari cerita rakyat Buton, Kampua pertama kali diperkenalkan oleh Bulawambona, yaitu Ratu Kerajaan Buton yang kedua yang memerintah sekitar abad XIV.

4. Uang Plano



Uang Plano ini sangat antik seperti kertas yang kita kenal. Misalnya uang dengan nominal duapuluh ribuan atau seratus ribuan, namun menjadi lebih antik karena uang ini dicetak bersambung dengan nomor seri yang sama. Atau bisa dibilang uangnya belum digunting.

5. Uang Rijksdaalder
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More