Berkunjung ke Museum Bank Indonesia, Mengintip Peninggalan Uang Kuno Kerajaan hingga Kompeni

Rabu, 06 Juli 2022 - 20:02 WIB
Ruangan menggunakan material utama kayu, bisa terlihat di dinding dan lantai masih menggunakan kayu. Bahkan masih ada beberapa perabot yang diletakkan di ruangan tersebut juga menggunakan kayu.

Museum ini juga mempunyai ruangan unik, di mana terdapat sebuah tumpukkan emas di tengah-tengah ruangan. Emas dilapisi oleh kaca pelindung masih tampak bersinar di ruangan itu. Menurut keterangan di museum BI, emas disimpan sebagai cadangan devisa negara dan biasanya digunakan pada saat negara mengalami krisis politik dan ekonomi.

Setelah memasuki ruangan emas, pengunjung akan dibawa ke lorong yang berisi pengetahuan akan uang dan berakhir pada ruangan yang berisi uang dari seluruh dunia.

Ruangan ini terlihat sangat elegan dengan rak mata uang dari banyak negara dan beberapa mata uang bahkan bisa dilihat dengan menggunakan kaca pembesar yang disediakan oleh pihak museum. Uang yang ditampilkan juga beragam, dari uang kertas, uang koin, uang yang dipakai saat ini maupun uang lawas.

Inilah beberapa mata uang kuno yang masih tersimpan rapih di museum Bank Indonesia:

1. Uang Ma



Uang Ma ini uang yang dipakai pada abad ke-14 hingga 16 pada masa Kerajaan Majapahit dan dipergunakan di sekitar Jawa Timur. Koin-koin ini dicetak dalam jenis bahan emas, perak atau tembaga.

Uang Ma bentuknya sangat kecil dan sulit dilihat karena hanya seukuran kancing kemeja. Tetapi tenang, penampilan uang Ma tetap dapat bisa dilihat sebab dilengkapi dengan kaca pembesar, sehingga pengunjung bisa lebih leluasa mengenalnya.

2. Uang Gobok
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More