Urutan Lambang Pancasila, Ini Arti Simbol dan Bagian-bagiannya

Selasa, 31 Mei 2022 - 08:24 WIB
Perisai adalah lambang perjuangan dan perlindungan karena sering dibawa oleh prajurit ke medan perang untuk melindungi diri dari serangan musuh. Garis melintang yang membagi perisai melambangkan garis khatulistiwa yang membelah Kepulauan Indonesia.

Perisai yang terletak di dada Garuda Pancasila terdiri atas lima bagian dengan simbol berbeda-beda. Masing-masing simbol melambangkan sila-sila dalam Pancasila. Berikut ini penjelasannya yang dikutip dari situs resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP):

Baca juga: Hari Lahir Pancasila Diperingati Setiap 1 Juni, Begini Sejarahnya

1. Bintang

Gambar bintang yang berada di tengah perisai Garuda Pancasila berwarna kuning dengan warna latar hitam. Gambar ini menjadi simbol sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa. Simbol ini bermakna bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa religius yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

2. Rantai

Rantai berwarna emas dengan warna latar merah merupakan simbol sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Rantai yang berada di kiri bawah perisai Garuda Pancasila terdiri dari 17 segi empat dan 17 lingkaran yang sambung-menyambung tidak putus. Hal ini memiliki makna bahwa bangsa Indonesia saling terkait erat, saling bahu-membahu, dan saling membutuhkan. Rantai ini juga melambangkan generasi penerus yang turun-temurun.

3. Pohon Beringin

Pohon Beringin berwarna hijau dan abu dengan warna latar putih. Gambar ini menjadi simbol sila ketiga, Persatuan Indonesia. Pohon Beringin yang berada di kiri atas perisai Garuda Pancasila melambangkan tempat berteduh atau berlindung seperti Negara Indonesia yang menjadi naungan seluruh rakyat Indonesia.

Pohon Beringin juga memiliki sulur dan akar yang menjalar ke segala arah. Ini juga menggambarkan keragaman suku bangsa yang menyatu di bawah nama Indonesia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More