Urutan Lambang Pancasila, Ini Arti Simbol dan Bagian-bagiannya

Selasa, 31 Mei 2022 - 08:24 WIB
A. Burung Garuda

Melambangkan kekuatan dan gerak dinamis. Dapat dilihat dari sayapnya yang mengembang dan siap terbang ke angkasa. Hal itu melambangkan dinamika dan semangat untuk menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara Indonesia.

B. Cengkeraman Kaki Burung Garuda

Dua kaki Burung Garuda kokoh mencengkeram pita putih bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Seloka atau peribahasa yang berasal dari buku Sutasoma karangan Empu Tantular ini memiliki arti berbeda-beda tapi satu jua. Slogan ini menjadi kekuatan bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama, budaya, dan lain sebagainya.

C. Warna Emas

Garuda Pancasila memiliki warna dominan kuning emas yang melambangkan keagungan. Ini menunjukkan bahwa Indonesia selalu menjunjung tinggi martabat bangsa yang bersifat agung dan luhur.

D. Jumlah Bulu

Garuda Pancasila memiliki bulu dengan jumlah yang merepresentasikan kemerdekaan Indonesia. Sebanyak 17 helai bulu sayap kanan dan kiri menandai tanggal kemerdekaan. Kemudian terdapat 19 helai bulu pangkal ekor dan 45 helai bulu leher yang menunjukan tahun kemerdekaan. Sementara 8 helai bulu ekor mewakili bulan kemerdekaan.

"Angka-angka itu bermakna historis untuk membangun proses penyadaran bagi setiap warga negara Indonesia agar menghargai waktu dan selalu mengingat sejarahnya," tulis Muhammad Rakhmat dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Selasa (31/5/2022).

E. Perisai
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More