Muhadjir Optimistis Masuk Fase Endemi Jika 2-3 Minggu Setelah Lebaran Covid-19 Tak Naik

Kamis, 12 Mei 2022 - 09:27 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy optimistis Indonesia bisa segera masuk transisi endemi. Foto/Dok.SINDOnews
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy optimistis Indonesia bisa segera masuk transisi endemi. Dia meyakini itu jika 2-3 minggu setelah Idul Fitri tidak ada kenaikan kasus Covid-19 .

“Taruhannya adalah setelah Liburan ini, kalau setelah Idul Fitri 2 minggu atau 3 Minggu nanti tidak ada kenaikan kasus, maka kita optimis segera masuk transisi ke endemi,” kata Muhadjir dikutip dalam keterangannya, Kamis (12/5/2022).

Apalagi, kata dia, sudah ada tanda-tanda Indonesia masuk transisi ke endemi. Di antaranya, kasus Covid-19 yang mulai melandai, angka kematian yang menurun, bahkan tingkat occupancy rate di rumah sakit juga menurun.



“Intinya itu pokoknya dilihat dari pertama angka kasus, kasus aktif, kemudian positif rate-nya berapa, kemudian tingkat occupancy rate rumah sakit, kemudian angka kematian ya angka kematian,” kata Muhadjir.



Selain itu, Muhadjir mengatakan bahwa angka kematian akibat Covid-19 saat ini sudah berada pada ranking 14 di antara penyakit-penyakit yang ada seperti kanker, jantung koroner, hingga stroke. “Sekarang ini sudah ada tanda-tanda bahwa misalnya dilihat dari tanda-tanda kematian itu, sekarang kematian Covid-19 itu bukan yang paling tertinggi dari di antara penyakit yang ada. Bahkan dari hasil survei kecil-kecilan yang dilakukan oleh Kemenko PMK itu di ranking 14,” pungkasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rca)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More