Jalan Panjang Presiden SBY hingga Dijuluki Bapak Perdamaian

Sabtu, 23 April 2022 - 09:09 WIB
Perundingan damai antara GAM dan Pemerintah Indonesia cukup alot. Diperlukan hingga lima tahap, dari Januari hingga Agustus 2005, untuk mencapai kesepakatan. Hingga akhirnya kedua belah pihak menandatangani kesepakatan pada 15 Agustus 2005. Salah satunya Aceh menjadi bagian wilayah Indonesia sebagai daerah istimewa yang bisa menerapkan syariat Islam dan memiliki partai lokal. Perdamaianan itu kemudian dikenal sebagai Kesepakatan Helsinki.

Berkat kesepakatan itu, hingga saat ini, perdamaian tetap terjaga di Aceh. Karena itulah, Presiden SBY patut mendapat julukan Bapak Perdamaian.

Sementara itu, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menghargai dan mengapresiasi predikat yang disematkan kepada SBY sebagai bapak perdamaian. Namun, menurutnya, julukan tersebut hanya mencerminkan capaian pemerintahan SBY periode pertama saja.

"Lebih tepat untuk menggambarkan potret dua periode pemerintahan Pak SBY adalah sebagai bapak demokrasi. Beliau adalah pribadi yang taat azas, pro reformasi, pro demokrasi dan senantiasa menjunjung tinggi konstitusi. Mampu menahan diri dari godaan mengutak-atik konstitusi untuk melanggengkan kekuasaan," katanya.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More