Resmi Dilantik, Koordinator Satupena di 34 Provinsi Ditugasi Bangun Kota Literasi

Kamis, 10 Februari 2022 - 13:42 WIB
Kantong-kantong budaya kreatif juga tumbuh. Di beberapa tempat, di pinggir jalan yang dibolehkan, ada yang bermain gitar dan bernyanyi. Kuliner di kota itu juga murah dan gurih. Media khusus untuk seni meliput banyak kegiatan budaya. Diskusi film, pameran lukisan, pertunjukan drama juga mewarnai.

Baca juga: Berkarya melalui Menulis, Satupena Berikan Penghargaan untuk 12 Penulis Nasional



"Imajinasi itu yang menghampiri saya ketika melantik koordinator Persatuan Penulis Indonesia Satupena di 34 provinsi dan koordinator di 7 pulau, bulan Febuari 2022," ujarnya.

Sebagai tahap awal, Denny menyarankan kepada koordiantor Satupena untuk memulai dengan mengembangkan WA Group penulis di masing-masing provinsi. Di setiap provinsi diupayakan terkumpul minimal 100 penulis. Setelah itu, para koordinator membuat kegiatan yang menumbuhkan komunitas penulis. Misalnya deklarasi pengurus Satupena yang dibalut dalam acara buku dan musik.

Lalu bagaimana dengan biayanya? Denny menyarankan koordinator untuk menenmui para dermawan yang memiliki passion ingin menumbuhkan kultur kreatif. Denny pun langsung memberi contoh dengan menyumbang Rp1 miliar untuk menghidupkan komunitas penulis. Menurutnya, hal ini bukan dalam rangka pamer tapi untuk menginspirasi para dermawan lain yang memiliki passion sama.

"Alangkah indahnya Indonesia jika kota di 34 provinsi dari Aceh hingga Papua berkembang menjadi kota penulis dan budaya kreatif," katanya.

Berikut ini nama-nama Koordinator Satupena di 34 Provinsi:

1. Koordinator Provinsi Aceh Darussalam: Deknong Kemalawati

2. Koordinator Provinsi Kepulauan Riau: H. Abdul Kadir Ibrahim
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More