Resmi Dilantik, Koordinator Satupena di 34 Provinsi Ditugasi Bangun Kota Literasi

Kamis, 10 Februari 2022 - 13:42 WIB
Ketua Umum Persatuan Penulis Indonesia Satupena, Denny JA. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Sebanyak 34 koordinator Persatuan Penulis Indonesia Satupena di 34 provinsi resmi dilantik bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN), Rabu (9/2/2022). Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Persatuan Penulis Indonesia Satupena, Denny JA.

Para koordinator yang dilantik diberi tugas untuk membangun The City of Literature (kota literasi) di wilayah masing- masing. Hal ini terinspirasi The City of Literatur miliki Unesco, PBB, istilah untuk kota yang kaya dengan sumber daya literasi.

Menurut Denny JA, Indonesia perlu The City of Literature versi sendiri. Karena itu, pengurus Satupena yang baru saja dilantik diminta ikut mengembangkan wilayahnya menjadi kota literasi.

Baca juga: Satupena Disahkan Menkumham, Denny JA: Tenda Besar untuk Penulis





"Bayangkanlah itu. Di 34 provinsi, dari Aceh hingga Papua, tumbuh kota penulis dan budaya kreatif," katanya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (10/2/2022).

Dalam bayangan Denny JA, seiring dengan hiruk pikuk dunia perdagangan dan politik, di kota tersebut juga semarak kegiatan para penulis dan penuh dengan aneka kegiatan budaya kreatif. Di taman kota berkumpul beberapa orang membaca sajak. Warga yang lalu lalang rileks sejenak menikmati baca puisi dan tak lupa memberikan tips di nampan kecil.

Kota literasi juga memiliki beberapa perpustakaan. Mulai dari remaja hingga warga senior ramai di perpustakaan. Mereka membagi cerita dan kisah dari buku yang baru saja selesai dibaca.

"Setiap bulan, ada kegiatan dari komunitas penulis. Mereka mendiskusikan buku terbaru dan relevansinya bagi hidup mereka atau mereka membuat lomba menulis, atau mereka membuat pameran buku kuno yang mempengaruhi kota mereka," kata Denny JA.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More