Kebugaran Orang Indonesia Rendah

Senin, 31 Januari 2022 - 11:00 WIB
“Tempat parkir itu jangan didekatkan dengan gedung utama, artinya bahwa pemilik mobil atau motor tetap ada kesempatan untuk berjalan kaki,” katanya.

Pandemi Bukan Penyebab Utama

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Imran Agus Nurali menilai hasil survei SDI 2021 tersebut memang menggambarkan kondisi masyarakat Indonesia yang cenderung kurang beraktivitas fisik atau berolahraga. Hasil tersebut disebutnya tidak berbeda jauh dengan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang dilakukan Kemenkes. Kajian Kemenkes juga menunjukkan adanya peningkatan masyarakat Indonesia yang kurang beraktivitas fisik dibandingkan riset sebelumnya pada 2013.

Kondisi pandemi Covid-19 tidak selayaknya jadi alasan. Itu bukan faktor utama yang menyebabkan masyarakat tidak bisa bergerak. Kebijakan pemerintah di masa pandemi, menurut Imran, lebih memfokuskan pada pembatasan kegiatan yang sifatnya berkerumun. Artinya, setiap orang masih bisa berolahraga secara individu atau komunitas baik di dalam maupun di luar rumah.

“Selama menjaga jarak, sebetulnya (olahraga) boleh. Hanya karena hasil Riskesdas itu kan masalah perilaku. Ada pandemi, olahraga yang sifatnya sosial jadi lebih berpengaruh. Apalagi kalau perilaku untuk berolahraga sendiri saja kurang, ya jadinya makin berkurang,” ujar Imran saat dihubungi kemarin (30/1).

Di masa pandemi ini, perilaku menjaga kesehatan tidak hanya sekadar mematuhi protokol kesehatan. Menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga dan mengonsumsi makan sehat juga merupakan pola hidup yang penting untuk meningkatkan imun dan melindungi tubuh dari dampak Covid-19. Namun, kata dia, kebiasaan ini kerap dilupakan sehingga sebagian besar hanya fokus pada mengikuti protokol kesehatan saja.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(ynt)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More