Bakamla Berikan Pertolongan ABK WN Suriah yang Terpapar Covid-19

Sabtu, 15 Januari 2022 - 23:15 WIB
Bakamla melakukan penyelamatan terhadap salah seorang ABK dari kapal kargo MV True Marine yang terpapar Covid-19.Foto/Istimewa
JAKARTA - Badan Keamanan Laut (Bakamla) melakukan penyelamatan terhadap salah seorang anak buah kapal (ABK) dari kapal kargo MV True Marine yang terpapar Covid-19 . ABK tersebut dalam kondisi membutuhkan pertolongan di Perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Kabag Humas dan Protokol Bakamla Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita menjelaskan, laporan awal diterima Basarnas Natuna yang kemudian diteruskan kepada Kepala Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Natuna Letkol Bakamla Muchlis.

Mendapat laporan itu, Letkol Muchlis langsung melaksanakan tracking menggunakan dasboard vessel security Bakamla. Tujuannya guna mengetahui posisi kapal dengan pasti.

Tim SAR gabungan bergerak dari Pelabuhan Penagi menuju MV True Marine. Adapun detail lokasi berlabuhnya terletak pada koordinat 04°0'17.22" N - 108°27'49.56" T.

"Setibanya, tim medis dari Dinas Kesehatan Natuna langsung melaksanakan pemeriksaan terhadap ABK kapal yang terpapar covid-19," kata Wisnu dalam keterangannya, Sabtu (15/1/2022).



Wisnu menuturkan, ABK tersebut diketahui atas nama Ebrahem Manon (27) berjenis kelamin laki-laki berkewarganegaraan Suriah. "Berpakaian APD lengkap tim medis melaksanakan test PCR dan memberikan pertolongan dengan oksigen dan obat-obatan," tuturnya.

Dia melanjutkan, ABK kapal MV True Marine tak dapat diturunkan ke daratan Natuna dengan alasan akan menimbulkan kekhawatiran masyarakat. Sebab, Natuna saat ini kondisinya adalah zero Covid-19.

"Setelah mendapatkan bantuan medis, MV True Marine melanjutkan pelayarannya menuju China," pungkasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(hab)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More