Begini Cara dan Persyaratan Pemindahan Kartu Keluarga

Sabtu, 08 Januari 2022 - 07:16 WIB
Warga Kebun Sayur menerima data kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (3/9/2021). Foto/Dok.MPI/Faisal Rahman
JAKARTA - Pemindahan kartu keluarga ( KK ) biasanya diperlukan saat kita pindah tempat tinggal atau menikah. Tujuannya, untuk database di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), memperbaharui data di Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan KK.

Sedangkan cara mengurus surat pindah KK dimulai dari mencabut data di tempat tinggal yang lama, mengurus surat pindah KK, meminta surat pengantar dari RT dan RW. Setelah mendapatkan surat pengantar dari RT dan RW, lalu ke kelurahan dan kecamatan untuk meminta surat keterangan dan penerbitan KK baru.



Selanjutnya, mendaftarkan pemindahan KK ke tempat yang baru. Berikut syarat pindah domisili dikutip dari laman resmi SIPP Kemenpan RB:

- Surat pengantar RT/RW



- Fotokopi KK dan membawa KK asli

- Fotokopi KTP dan membawa KTP asli

- Fotokopi dokumen pendukung, seperti: fotokopi akta kelahiran, fotokopi buku nikah/akta perkawinan, fotokopi akta perceraian, fotokopi akta kematian, fotokopi ijazah yang sudah berlegalisir (jika tidak ada maka bawa dokumen asli)

- Foto berukuran 3x4 dan 4x6 untuk sebagai cadangan bila diperlukan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More