BSSN: Teknologi Informasi Berperan Wujudkan Indonesia Maju

Rabu, 22 Desember 2021 - 18:33 WIB
Baca juga: Tingkatkan Keamanan Password untuk ASN, BSSN-Kemenpan RB Luncurkan Aplikasi SATRIA



BSSN mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mewujudkan keamanan siber di tengah pengembangan transformasi digital.

"Menyikapi dinamika tersebut, BSSN beserta instansi terkait menyusun tiga pengaturan strategis keamanan siber, yaitu Strategi Keamanan Siber Nasional, Pelindungan Infrastruktur Informasi Vital (PIIV), dan Manajemen Krisis Siber Nasional (MKSN), yang akan tertuang dalam bentuk Perpres," katanya.

Sutanto juga berharap agar lembaga pemerintahan dan pelaku usaha dapat mengembangkan model sistem berbasis elektronik. Pada lembaga kepemerintahan inovasi terutama terkait aplikasi untuk meningkatkan e-government atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) serta implementasi konsep smart city (kota cerdas). Sedangkan bagi pelaku usaha, inovasi transformasi digital juga sebagai upaya untuk mempersiapkan diri memasuki era Revolusi Industri 4.0, sekaligus meningkatkan daya saingnya di kancah global.

Menteri Komunikasi dan Informatika (MenKominfo) Johnny G Plate mengatakan, konsep tersebut selaras dengan arah kebijakan Presiden Jokowi yang kini telah dijalankan Kemenkominfo.

"Kebijakan pemerintah yakni percepatan transformasi digital guna mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, baik di instansi pemerintahan, korporasi bisnis, maupun institusi lainnya," katanya.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More