Sejarah Pembentukan Menwa sebagai Perwujudan Sishankamrata

Rabu, 27 Oktober 2021 - 14:49 WIB
Pada 12 Juni 1964 terbit SK Menteri Koordinator Komponen Pertahanan dan Keamanan Jenderal TNI AH Nasution yang mengesahkan Duaja Resimen Mahawarman. Garuda Mahawarman resmi berdiri berdampingan dengan Harimau Siliwagi.

Pada 19 Januari 1978 dikeluarkan lagi SKB 3 menteri tentang juklak pembinaan organisasi Resimen Mahasiswa. Bersama Keputusan bersama tiga Menteri Menha, Mendiknas, dan Mendagri dan Otda No: KB/14M/X/2000, No:6/U/KB/2000, dan No:39 A tahun 2000 tanggal 11 Oktober 2000 tentang Pembinaan dan Pemberdayaan Resimen Mahasiswa.

Semboyan Resimen Mahasiswa Indonesia adalah Widya Castrena Dharmasiddha. Berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti Penyempurnaan Pengabdian dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan.



Lambang Resimen Mahasiswa terdiri dari:

1. Perisai Segilima melambangkan keteguhan sikap.

2. Padi dan Kapas melambangkan dasar bernegara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila.

3. Bintang, Sayap Burung, Jangkar dan Lambang Polri melambangkan Resimen Mahasiswa berada di bawah naungan ketiga unsur angkatan dan Polri.

4. Pena dan Senjata melambangkan di dalam pengabdiannya, wira melakukan keselarasan antara ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan.

5. Buku Tulis melambangkan tugas pokok setiap wira adalah mengembangkan ilmu pengetahuan, di samping melaksanakan tugas-tugas kemenwaan.

6. Semboyan Widya Castrena Dharma Siddha yang berarti Penyempurnaan Kewajiban dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan.

Panca Dharma Satya Resimen Mahasiswa Indonesia:

1. Kami adalah mahasiswa warga Negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

2. Kami adalah mahasiswa yang sadar akan tanggung jawab serta kehormatan akan pembelaan negara dan tidak mengenal menyerah.

3. Kami Putra Indonesia yang berjiwa ksatria dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta membela kejujuran, kebenaran, dan keadilan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More