HUT ke-76 PMI, Sudirman Said: Bung Hatta Sumber Teladan yang Tak Ada Habisnya

Sabtu, 18 September 2021 - 10:50 WIB


Ia mengatakan, 76 tahun lalu, PMI resmi berdiri atas perintah Presiden Soekarno, dan yang menjadi Ketua Pertama adalah Bung Hatta. "Bung Hatta tidak lama mengemban amanah sebagai ketua, dan menyerahkannya kepada dr Boentaran. Dan PMI terus berkiprah hingga hari ini, dan semoga untuk seterusnya," ujarnya.

Meski Bung Hatta telah wafat, Sudirman yakin bahwa sang pendiri PMI itu tetap banjir pahala dan kebaikan.

Sementara itu, Putri Bung Hatta, Meutia Farida Hatta Swasono menceritakan bagaimana peran ayahnya dalam mendirikan PMI kala itu. Ia juga menceritakan singkat sejarah berdirinya PMI.

"Tanggal 17 September 1945, hanya satu bulan sesudah Indonesia merdeka, PMI dibentuk. Itu berkat kesadaran pemimpin nasional, dan Wakil Presiden Mohammad Hatta sendiri yang menyatakan kesediaannya untuk menjadi Ketua Palang Merah Indonesia. Khususnya Bung Hatta sadar bahwa Indonesia harus segera berperan internasional, seperti umumnya peranan Palang Merah/the Red Cross," katanya.

"Wakil Presiden harus menjadi Ketua PMI menghadapi dunia internasional. Arti lainnya adalah bahwa PMI tidak hanya mengurusi masalah kemanusiaan, melainkan juga PMI otomatis harus mngurusi tawanan perang, baik tawanan perang Jepang maupun tawanan perang Belanda yang harus dipulangkan ke negara mereka masing-masing," katanya.

Hal ini membutuhkan peranan seorang Wakil Presiden untuk berdialog dan menetapkan kesepakatan, mengingat Indonesia masih sangat muda. Diperlukan pemimpin pucuk dari negara untuk menanganinya dengan pihak internasional.

"Demikianlah Bung Hatta secara taktis dan strategis melalui PMI melibatkan Indonesia dalam international affairs, dan itu berhasil, sehingga Indonesia sebagai negara yang masih sangat muda, secara nyata sudah memegang peranan internasional," lanjutnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More