Dubes Arab Saudi Luruskan Info Soal Haji, Dasco: Jangan Terlalu Baper

Jum'at, 04 Juni 2021 - 14:06 WIB
Baca juga: Haji 2021, Dubes RI: Diplomasi Level Tertinggi Sudah Kita Lakukan



Sebelumnya, Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Essam Bin Ahmed Bin Abid Althaqafi menegaskan, informasi yang menyebutkan Indonesia tidak mendapatkan kuota haji 2021 adalah tidak benar. Faktanya, hingga kini otoritas terkait di Saudi belum mengeluarkan informasi apapun terkait dengan haji.

Hal tersebut dinyatakan Essam untuk membantah pernyataan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR TB Ace Hasan Syadzily. Kedua legislator tersebut sebelumnya memberikan informasi Indonesia tidak mendapat kuota haji 2021.

"Dalam kaitan ini saya ingin memberitahukan kepada Yang Mulia bahwa berita-berita tersebut tidaklah benar dan hal itu tidaklah dikeluarkan oleh otoritas resmi Kerajaan Arab Saudi," tegas Essam dalam surat yang ditujukan untuk Ketua DPR Puan Maharani, Kamis (3/6/2021) dan dikutip Jumat (4/6/2021).

Essam memastikan, hingga kini otoritas Saudi yang membidangi urusan haji belum mengeluarkan instruksi apapun terkait hal tersebut, baik bagi para jamaah haji asal Indonesia maupun bagi jamaah haji lainnya dari seluruh negara di dunia.

"Sehubungan dengan hal itu, merupakan sebuah kesempatan bagi saya untuk menjelaskan kepada Yang Mulia (Ketua DPR Puan Maharani) dan anggota-anggota dewan yang terhormat tentang fakta-fakta yang sebenarnya, seraya saya berharap agar kiranya dapat melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak Kedutaan atau otoritas resmi lainnya, baik di Arab Saudi maupun di Indonesia," kata Essam.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More