Mayoritas Rakyat Indonesia Anggap Israel Bersalah dalam Konflik dengan Palestina

Selasa, 01 Juni 2021 - 06:00 WIB


Kecenderungan untuk memandang Israel sebagai pihak bersalah juga terlihat agak berbeda antara warga muslim dan warga non-muslim. Sekitar 74% dari warga muslim menilai Israel sebagai pihak yang bersalah. Sementara pada warga non-Muslim, yang berpendapat demikian sekitar 51%.

Perbedaan cara pandang juga terlihat antara pendukung Jokowi dan pendukung Prabowo. Di kalangan pemilih Jokowi, yang menilai Israel sebagai pihak yang bersalah sekitar 67%; sementara di kalangan pemilih Prabowo persentasenya lebih tinggi, yakni 80%. Di kalangan warga yang puas dengan kinerja Jokowi sebagai presiden, yang menilai Israel sebagai pihak yang bersalah ada sekitar 69%; sedangkan pada warga yang tidak puas ada 78%.

Sementara itu, mayoritas warga berpendapat konflik antara Israel dan Palestina didasarkan pada pertentangan orang Yahudi dan Islam. "Sekitar 65% setuju dengan pendapat bahwa konflik tersebut dasarnya adalah pertentangan antara orang Yahudi dan orang Islam. Yang tidak setuju 14%, dan yang tidak menjawab 22%".

"Temuan ini menunjukkan bahwa bagi mayoritas masyarakat Indonesia, konflik tersebut dilihat sebagai konflik agama dan bukan konflik politik yang menyangkut nilai-nilai kemanusiaan," ujar Ade.

Untuk diketahui, survei SMRC melalui telepon ini dilakukan pada 25-28 Mei 2021 dengan sampel 1.201 responden yang dipilih secara random dengan Margin of error diperkirakan +/- 2,9%.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More