Bangun Diplomasi lewat Tiga Jembatan

Jum'at, 19 Maret 2021 - 06:13 WIB
“Pembangunan jembatan digital dan jembatan infrastruktur di kawasan Batam untuk membangun konektivitas Indonesia-Singapura merupakan hal yang sangat baik mengingat kerja sama dengan Singapura akan sangat menguntungkan jika kita dapat memanfaatkannya dengan baik,” katanya.

Membangun tiga jembatan Indonesia-Singapura bukan tanpa kendala. Jika berkaca pada pemerintahan sebelumnya, kita punya pengalaman yang kurang menyenangkan dengan pembangunan KEK. Pembangunan jembatan tersebut sebenarnya bukan tujuan utamanya. Tujuan utama pembangunan tersebut adalah bagaimana menciptakan konektivitas antara Singapura dan Indonesia yang pada akhirnya bisa mengurangi biaya logistik yang selama ini sangat mahal dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan daya saing yang rendah.

Untuk meningkatkan kerja sama Indonesia dengan Singapura di sektor lain tentunya harus ada dukungan dari semua pihak. Pemerintah pusat melalui BKPM harus bisa membangun sinergi terutama dengan pemerintah daerah yang menjadi pusat industri untuk sektor-sektor unggulan.

“Pemerintah mendorong para pelaku usaha untuk bisa memproduksi produk-produk unggulan sesuai dengan karakteristik permintaan pasar dalam hal ini adalah Singapura. Namun pemerintah harus menyiapkan berbagai aspek, sarana dan infrastruktur pendukungnya,” kata dia.
(ynt)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More