IVL Season VII, Wali Kota Pontianak Pastikan Transparansi Penanganan COVID-19

Selasa, 09 Maret 2021 - 12:03 WIB


"Alhamdulillah untuk data penduduk miskin di Pontianak ada dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pada 2019 saya sudah melakukan pendataan rutin enam bulan sekali, diverifikasi dan divalidasi lagi. Begitu terjadi pandemi dan ada bansos misalnya, ini kita kirim berdasarkan data itu," katanya.

Terkait dengan kolaborasi penanganan COVID-19, Pemkot Pontianak selalu melibatkan berbagai komunitas. Edi menuturkan, pelibatan masyarakat dilakukan secara formal ataupun nonformal. Mereka misalnya bisa ikut mengontrol penyaluran bantuan sosial Covid-19 agar tepat sasaran.

Lalu terkait dengan sistem pengawasan, Edi berujar bahwa Pemkot Pontianak selalu menyampaikan laporannya secara transparan. Mulai dari mengumumkan laporan via aplikasi khusus, mengeksposnya di media massa, hingga pendampingan oleh inspektorat atapun BPKP. "Sistem kontrol kita transparan," katanya.

Dewan juri IVL Season VII antara lain Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik, Ketua Pembina Indonesia Institute for Corporate Directorship Andi Ilham Said.

Dewan juri lainnya yakni Pakar Komunikasi Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto dan Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia Budi Frensidy.

IVL merupakan program rutin yang diselenggarakan MNC Media untuk mengukur dan menguji kekuatan visi para pemimpin daerah, sekaligus menggali upaya daerah dalam merumuskan, mengkomunikasikan, mengimplementasikan, sekaligus membudayakan visi tersebut di wilayah kepemimpinannya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More