Habib Rizieq, Ulama Alumnus SMP Kristen Bethel yang Tak Pernah Mengenyam Madrasah

Jum'at, 06 November 2020 - 08:51 WIB
Habib Rizieq tidak mengenyam pendidikan formal atau semiformal agama di madrasah atau pesantren. Foto/ist
JAKARTA - Nama lengkapnya adalah Muhammad Rizieq Husein Shibab. Dia dikenal orang dengan sebutan Habib Rizieq Shihab , seorang ulama sekaligus imam besar Front Pembela Islam (FPI).

Dilahirkan di Jakarta 24 Agustus 1966, Rizieq merupakan anak Habib Hussein Shihab dan Syarifah Sidah al-Attas. Dikutip dari buku berjudul Sisi Lain Habib Rizieq karya Fikry Muhammadi, sejak kecil pentolan FPI itu adalah seorang anak yang sudah dibesarkan di tengah lingkungan keluarga Hadhrami.

(Baca juga : Sebut Fadli Zon seperti Mahluk Asing, Ini Penjelasan Refly Harun )

Namun uniknya Habib Rizieq tidak mengenyam pendidikan formal atau semiformal agama di madrasah. Dia juga tidak menimba ilmu agama di pesantren. Habib Rizieq malah bersekolah di SMP Bethel di dekat rumahnya, Petamburan, Jakarta Pusat.

(Baca: Habib Rizieq, Anak Yatim yang Hengkang karena Politik dan Pulang di Hari Pahlawan)



“Sebebelumnya Ayip (Habib Rizieq) kecil bersekolah di SDN 01 Petamburan, kemudian melanjutkan ke SMP Kristen Bethel. Di tingkat lanjut, beliau sekolah di SMAN 4 Gambir, Jakarta Pusat,” tulis buku Sisi Lain Habib Rizieq sebagaimana dikutip Jumat (6/11/2020).

Di saat duduk di bangku SMA, Habib Rizieq memiliki kebiasaan yang berbeda dengan teman-teman seusianya. Ketika remaja lainnya sibuk mencari jatidiri, dia aktif dalam pengajian keliling mingguan.

(Baca juga : Kisah Abu Hurairah dan Kurma yang Tak Pernah Habis )

Melansir dari sumber lain yaitu Wikipedia, pada 1983 Habib Rizieq mengambil kelas Bahasa Arab di Lembaga Ilmu Pengatahuan Islam dan Arab (LPIA). Satu tahun menempuh studi di sana, Habib Rizieq mendapatkan tawaran beasiswa dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk kuliah di Arab Saudi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More