Peringati Bulan Bahasa, SMA Pradita Dirgantara Gelar Pemilihan Duta Bahasa

Kamis, 29 Oktober 2020 - 22:28 WIB
Duta Bahasa SMA Pradita Drgantara telah terpilih pada, Rabu (28/10/2020). Foto/Istimewa
JAKARTA - Duta Bahasa SMA Pradita Drgantara telah terpilih pada, Rabu (28/10/2020). Berdasarkan hasil seleksi, Pemilihan Duta Bahasa SMA Pradita Dirgantara menempatkan siswa atas nama Madha Fitrah Pratama kelas XII C dengan nilai 2001 dan siswi atas nama Rachel Carolice Takaendengan kelas XII C dengan nilai 1973 sebagai pemenangnya.

(Baca juga: Bertemu Menlu AS Pompeo, Jokowi Ingin Kerja Sama Ekonomi dan Pertahanan Meningkat)

Pemilihan Duta Bahasa ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan SMA Pradita Dirgantara setiap tahun. Seperti diketahui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan bulan Oktober sebagai Bulan Bahasa dan Sastra sejak tahun 1980 sebagai salah satu bentuk peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober.

(Baca juga: Charlie Hebdo Kembali Berulah: Pajang Kartun Cabul Erdogan)

Dalam Sumpah Pemuda diikrarkan bahwa putra dan putri Indonesia bersumpah untuk menjunjung Bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa persatuan Bahasa Indonesia sebagai jembatan atau penghubung atas keberagaman bahasa yang ada di Indonesia.



Dalam data terakhir milik Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, saat ini terdapat lebih dari 600 bahasa daerah yang teridentifikasi di Indonesia, untuk itu diperlukan satu bahasa yang disepakati untuk dijadikan media komunikasi antar warga negara yang sangat beragam.

Dengan ditetapkannya bulan Oktober sebagai Bulan Bahasa dan sebagai apresiasi terhadap prestasi siswa di bidang bahasa, SMA Pradita Dirgantara mengadakan kegiatan Pemilihan Duta Bahasa SMA Pradita Dirgantara.

Pemilihan tersebut diadakan selama bulan oktober dengan proses seleksi melalui pertimbangan guru bidang bahasa (Indonesia, Jawa, Inggris, Jerman, Perancis). Aspek yang dinilai sebagai dasar dalam memilih kandidat yaitu nilai mata pelajaran, prestasi lomba, keaktifan dalam organisasi, dan kemampuan umum dalam bidang Bahasa khususnya berbicara dan menulis.

"Seleksi dari guru bidang Bahasa, kemudian menghasilkan kandidat (masing-masing 3 putra dan 3 putri dari setiap angkatan), yang kemudian dipilih melalui voting oleh seluruh sivitas SMA Pradita Dirgantara. Kandidat dengan perolehan suara terbanyak merupakan yang terpilih sebagai Duta Bahasa," ungkap Widya Yuni Lestari, S.Pd., guru Bahasa Indonesia SMA Pradita Dirgantara saat menjelaskan proses seleksi Duta Bahasa SMA Pradita Dirgantara.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More