Apa Kabar Relaksasi Kredit UMKM?

Selasa, 15 September 2020 - 18:43 WIB
Beberapa evaluasi terkait kuantitas inilah yang kadang salah kaprah, karena seringkali yang dilihat semata adalah banyaknya jumlah kredit yang direstrukturisasi, tanpa melihat potensi dan kondisi riil yang membutuhkan restrukturisasi. Ketika hanya jumlah restrukturisasi yang menjadi tolok ukur, terbuka kemungkinan akan terjadinya “malpraktik” restrukturisasi kredit terdampak pandemi. Yang tidak atau belum butuh restrukturisasi malah direstrukturisasi, dan bisa jadi, yang membutuhkan justru terlewat direstrukturisasi. Ini tentu sangat tidak diharapkan.

Kendati diyakini asumsi ini (semoga benar) tidak terjadi, sampai hari ini, data mengenai produktivitas aspek kuantitas ini belum terekspos secara gamblang. Angka yang ditampilkan masih saja seputar jumlah debitur UMKM dan nominal kredit yang direstrukturisasi. Misal seperti yang disampaikan OJK bahwa per 20 Juli 2020, sudah ada 6,73 juta debitur yang mendapatkan restrukturisasi. Dengan perincian 5,38 juta debitur di sektor UMKM dan sisanya atau 1,34 juta debitur di kategori non-UMKM. Untuk nominalnya, Rp330,27 triliun di sektor UMKM, dan Rp454,09 triliun di kategori non-UMKM.

Namun, seperti apa kondisi saat ini dari begitu banyak UMKM yang direstrukturisasi, belum ada potret yang ditampilkan. Tentu saja kita berdoa bahwa sesuai asumsi dan tujuan relaksasi, bahwa UMKM yang kepadanya telah dilakukan restrukturisasi saat ini kondisinya stabil baik dan bahkan sudah mulai kembali merangkak naik produktivitas usahanya.

Indikator progress kebangkitan UMKM inilah yang merupakan aspek kualitas dari produktivitas restrukturisasi. Poin ini semestinya dikedepankan dalam monitoring relaksasi kredit yang sudah berjalan. Poin ini jugalah yang semestinya mulai banyak diekspos, minimal setara dengan ekspos jumlah debitur restrukturisasi.

Tentu saja otoritas dan masing-masing lembaga keuangan telah memiliki data penting ini. Salah satunya berupa data debitur kolektibilitas lancar sebagai konsekuensi positif restrukturisasi yang tetap stabil di kolektibilitas tersebut hingga hari ini. Atau dalam bahasa analisa lain, seberapa banyak dan seberapa besar debitur restrukturisasi serta besaran kredit restuctured yang terpaksa bergeser ke arah Non Performing Loan (NPL) akibat makin tidak mampunya debitur dalam memenuhi kewajibannya.

Momentum Semesteran

Masa enam bulan (semesteran) merupakan masa “wajib” dan minimal bagi sebuah lembaga pemberi kredit untuk kembali mengevaluasi sejauh mana debitur merasakan kenyamanan, kemudahan, dan tambahan kemampuan dalam hal pemenuhan kewajiban kepada kreditur. Hasil evaluasi semester pertama relaksasi kredit terdampak Covid-19 inilah yang akan menentukan masa depan dan prospek restrukturisasi serta re-restrukturisasi.

Mengapa harus dibuka wacana restrukturisasi ulang kredit terdampak Covid-19? Jawabannya jelas: prediksi perbaikan ekonomi dan era kenormalan baru belum mewujud seperti prediksi di awal pandemi. Grafik penduduk Indonesia yang positif Covid-19 terus menaik. Delta pertumbuhan per harinya terus membesar. PSBB di Jakarta diterapkan kembali, mengulang semua protokol kesehatan dari awal. Dan meski kita sangat tidak berharap, kondisi serupa bisa saja terjadi di daerah lain bilamana pandemi tidak kunjung mereda.

Ini tentu prediksi pahit yang mau tak mau harus diantisipasi. Jika kemarin dulu kita sempat “gagap” karena hadirnya pandemi ini tidak terprediksi, maka kali ini kita tidak boleh punya alasan untuk mengatakan tidak siap. Kita sudah mulai terbiasa dengan kenormalan baru di aktivitas ekonomi. Kita juga sudah lebih sadar dan paham akan protokol kesehatan standar.

Jika dalam tataran perkembangan kesehatan belum banyak perbaikan, maka perbaikan ekonomi harus bisa jauh lebih baik dan tetap positif. Pengaruh belum baiknya sektor kesehatan tidak boleh terlalu mempengaruhi target-target ekonomi ini. Dan salah satu yang menentukan, ada di kekuatan monitoring serta kecekatan lembaga penyalur kredit melakukan re-restrukturisasi ketika gejala pemburukan kualitas kredit masih saja terjadi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More