Daftar Nama Capim dan Dewas KPK yang Diserahkan ke Jokowi, Mertua Kiky Saputri Lolos

Selasa, 01 Oktober 2024 - 16:07 WIB
Panitia seleksi (pansel) telah menyerahkan nama-nama calon pimpinan (capim) dan dewan pengawas (dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Selasa (1/10/2024). Foto/Raka Dwi Novianto
JAKARTA - Panitia seleksi (pansel) telah menyerahkan nama-nama calon pimpinan (capim) dan dewan pengawas (dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Selasa (1/10/2024). Masing-masing 10 nama dari capim dan Dewas KPK.

Salah satu nama dalam daftar tersebut adalah Mertua komika Kiky Saputri, Gusrizal yang merupakan Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin Kalimantan Selatan.

"Kami baru saja sekitar pukul 12.30 WIB tadi diterima oleh Bapak Presiden untuk menyerahkan hasil akhir dari pada seleksi calon pimpinan dan calon dewan pengawas KPK," kata Ketua Pansel Yusuf Ateh dalam jumpa pers di Gedung Kemensetneg, Jakarta, Selasa (1/10/2024).





Ateh mengatakan bahwa 10 nama masing-masing calon pimpinan dan Dewas KPK akan disampaikan melalui website dalam waktu dekat. "Bapak Presiden meminta kami untuk menyampaikan kepada teman-teman yang media dan sekaligus nanti akan menyampaikan 10 calon pimpinan dan 10 calon dewas KPK melalui website seperti biasa," kata Ateh.

Kesempatan yang sama, Wakil Pansel KPK Arief Satria menjelaskan bahwa pihaknya telah menentukan kriteria dan pertimbangan tokoh-tokoh yang lolos Capim dan Dewas KPK.



"Bahwa kriteria yang kita tetapkan dalam memilih Capim dan Cadewas ini adalah, satu integritas, dua kapabilitas, tiga adalah akseptabilitas. Jadi reputasi dan kemudian kepercayaan publik juga menjadi salah satu pertimbangan dalam kami menentukan, jadi aspeknya sangat luas sekali dan pertimbangan-pertimbangan itu pun juga atas masukan dari berbagai kalangan," kata Arief.

Arief menjelaskan bahwa penetapan kriteria tersebut merupakan masukan dan aspirasi dari masyarakat, termasuk media, CSO, akademisi, hingga pebisnis. Rekam jejak dan masukan dari berbagai instansi pemerintah juga menjadi pertimbangan dalam menentukan 10 Capim dan calon Dewas KPK.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More