3 Fakta Brevet Hiu Kencana yang Diterima Jokowi, Penghargaan dari Satuan Kapal Selam

Senin, 30 September 2024 - 14:56 WIB
Misalnya, ketika Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak menerima penyematan brevet Hiu Kencana sekaligus menandai momen pengangkatan kedua tokoh sebagai warga kehormatan TNI AL. Brevet Hiu Kencana disematkan langsung oleh KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

3. Makna Simbol Brevet Hiu Kencana

Pada brevet Hiu Kencana, terdapat gambar 2 ikan Hiu saling berhadapan dengan tekad mempertahankan kehadiran kapal selam di lautan sebagai bentuk kemampuan dan supremasi di laut.

Kapal selam dalam keadaan siap tempur pada posisi menyelam lambang kesenjataan strategis yang ampuh. Periscope yang selalu waspada mengamati setiap jengkal perairan negara. Gambar tujuh gelombang mewakili samudera di dunia.

Ada pula 5 garis insang pada leher Hiu pertanda warga Hiu Kencana bernapaskan Pancasila. Makna lambang yang tersirat pada brevet Hiu Kencana meliputi makna keseluruhan "Dengan landasan falsafah hidup Pancasila sebagai Prajurit Sapta Marga tugas akan dilaksanakan dengan penuh keberanian dan ketabahan serta sanggup mengemban tugas sampai titik darah penghabisan".
(jon)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More