Apa Saja Usaha yang Dilakukan untuk Menumpas Pemberontakan PRRI Permesta? Ini 6 Operasinya

Rabu, 25 September 2024 - 17:35 WIB

3. Operasi Sapta Marga I

Operasi ini dipimpin oleh Letkol Inf Rukmito Hendraningrat untuk menumpas PRRI di Sulawesi Tengah.

Operasi Sapta Marga I dipimpin Letkol Sumarsono dan dikirim ke Sulawesi Tengah untuk segera membantu para putra daerah setempat yang melakukan perlawanan. Operasi ini pada akhirnya berhasil menduduki lapangan Palu pada 1 April 1958.

4. Operasi Sapta Marga II

Operasi Sapta Marga II ini dipimpin oleh Letkol Agus Prasmono pada 19 Mei 1958. Tujuan dari Operasi Sapta Marga II adalah untuk merebut Kota Gorontalo, Lapangan Terbang Tolotio, dan daerah-daerah di sekitarnya.

Sama seperti pasukan-pasukan sebelumnya, Operasi Sapta Marga II tidak membutuhkan waktu lama untuk menaklukkan Kota Gorontalo.

5. Operasi Sapta Marga III

Operasi yang dipimpin oleh Letkol Magenda ini bertugas untuk membebaskan Sangir-Talaud dari gerakan PRRI.

Setelah pasukan Operasi Sapta Marga III dikirim, mereka berhasil menguasai Sangir-Talaud tanpa kesulitan pada 23 Mei 1958.

6. Operasi Sapta Marga IV

Operasi terakhir yang dilakukan untuk menumpas PRRI Permesta adalah Operasi Sapta Marga IV, yang dilakukan pada 16 Juni 1958. Tujuan dilakukannya operasi ini adalah untuk menguasai kota-kota di Manado.

Pada akhirnya, tanggal 21 Juni 1958, pasukan berhasil merebut daerah Wori yang terletak hanya beberapa kilometer saja dari Manado. Dengan ini, maka berakhir sudah pengepungan kota Manado.

Itulah beberapa operasi yang dilakukan untuk menumpas pemberontakan PRRI Permesta. Pada akhirnya seluruh Sulawesi dan Sumatera berhasil dikuasai oleh tentara APRI di tahun 1960.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More