Mengenal RA Wiriadinata, Eks Wagub Jakarta yang Banyak Pengalaman Menumpas Pemberontak di Indonesia

Selasa, 30 Mei 2023 - 14:01 WIB
loading...
Mengenal RA Wiriadinata, Eks Wagub Jakarta yang Banyak Pengalaman Menumpas Pemberontak di Indonesia
Sosok Raden Atje Wiriadinata merupakan salah seorang tokoh militer di Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sosok Raden Atje Wiriadinata merupakan salah seorang tokoh militer di Indonesia. Sepanjang kariernya, telah banyak jabatan strategis yang pernah ditempatinya.

Selain di militer, pria yang biasa dikenal dengan RA Wiriadinata ini juga pernah menyemat posisi penting di pemerintahan daerah. Dia pernah menjadi Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta kala mendampingi Ali Sadikin.


Sosok RA Wiriadinata

Raden Atje Wiriadinata lahir di Sumedang, Jawa Barat pada 15 Agustus 1920. Mengutip informasi dari laman resmi TNI, RA Wiriadinata lulus pendidikan di vliegtuigmakerschool militaire luchtvaart andir Bandung.

Pada karier militernya, RA Wiriadinata mengawalinya dari AURI sejak 1940. Saat bertugas di pangkalan udara Maospati, dia bersama pasukannya terlibat perjuangan mempertahankan pangkalan udara dari serangan Belanda yang melakukan agresi militer.

Dalam perkembangan kariernya, serdadu kelahiran Jawa Barat ini juga pernah dipercaya memimpin pasukan Panembahan Senopati 105. Memiliki sebutan Pasukan Garuda Mulya, unit ini dikenal sangat gigih ketika berhadapan dengan Belanda yang melancarkan agresi.



Sepanjang riwayatnya menjadi tentara/kopasgat, RA Wiriadinata telah kenyang pengalaman penugasan seperti menumpas pemberontakan yang muncul pasca kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dalam hal ini, dia pernah terlibat dalam penugasan seperti penumpasan DI/TII dan Apra di Bandung, penumpasan pemberontakan Andi Aziz di Makassar, penumpasan PRRI/Permesta di Sumatra dan Sulawesi Utara, serta masih banyak operasi lainnya.

Pasca purnatugas dari militer, RA Wiriadinata mengalihkan pengabdiannya di sektor pemerintahan. Dia tercatat pernah menjadi Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta tahun 1966. Saat itu, dia bekerja sama dengan Gubernur Letjen (KKO) Ali Sadikin.

Selain Wagub DKI Jakarta, RA Wiriadinata juga pernah menjabat Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Agung (DPA) era Orde Baru. Saat itu, dia diangkat Presiden Soeharto.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)