5 Hal Menarik dalam Kasus Jet Pribadi Kaesang Anak Bungsu Jokowi

Jum'at, 20 September 2024 - 06:11 WIB
Langkah Kaesang itu ditanggapi secara positif oleh KPK. Hal tersebut tetap dilakukan meski dirinya bukan penyelenggara negara (PN).

Keberanian Kaesang itu juga mendapat apresiasi dari Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman. Boyamin menilai, kedatangan Kaesang ke Gedung KPK bisa menjadi teladan bagi pejabat maupun keluarga pejabat jika menerima fasilitas apa pun dari pihak lain.

3. Kaesang Ngaku Cuma Nebeng

Pada klarifikasinya, Kaesang mengaku hanya 'nebeng' teman ketika memakai jet pribadi. Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengungkapkan hal itu disampaikan Kaesang saat mengisi formulir untuk melakukan klarifikasi ke Gedung KPK.

Sebelumnya, Kaesang mendatangi Gedung KPK untuk mengklarifikasi terkait penggunaan jet pribadi saat melakukan kunjungan ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu bersama sang istri, Erina Gudono. Kendati begitu, putra bungsu Presiden Jokowi tersebut tak menyebutkan sosok dari rekan yang ditumpanginya.

4. Presiden Jokowi Tak Ikut Campur

Presiden Jokowi ikut menanggapi anak bungsunya yang sedang diterpa isu gratifikasi. Di sini, Jokowi menekankan bahwa semua warga negara sama di mata hukum, termasuk dalam hal ini Kaesang Pangarep.

"Saya kan sudah menyampaikan semua warga negara sama di mata hukum ya. Itu aja," kata Jokowi kepada wartawan, Rabu (18/9/2024).

5. Disorot Media Asing

Dugaan gratifikasi yang melibatkan Kaesang ikut mendapat perhatian dari media asing. Salah satunya adalah Reuters. Pada pemberitaan yang terbit 28 Agustus 2024, Reuters memberi judul 'Indonesia's anti-graft body plans to query president's son about private jet trip'. Adapun isinya terkait rencana KPK yang hendak meminta klarifikasi putra bungsu Presiden Jokowi atas penggunaan jet pribadi dalam perjalanan ke luar negeri.

Lalu, pemberitaan susulan muncul lagi pada 17 September 2024. Mengambil judul 'Indonesian president's son visits anti-graft body over private jet use', Reuters menyoroti kedatangan Kaesang ke KPK untuk memberikan penjelasan terkait dugaan gratifikasi jet pribadi.

Itulah beberapa hal menarik dalam pusaran kasus jet pribadi Kaesang Pangarep.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More