Kunjungan Paus Fransiskus Perkuat Relasi Antarumat Beragama

Senin, 09 September 2024 - 21:03 WIB
"Perbedaan keyakinan tidaklah menjadi penghalang untuk bersatu dalam kebaikan, karena bukankah semua ajaran agama mempunyai keyakinan yang sama yaitu bertujuan untuk mengamalkan kebaikan terutama menyejahterakan umat/masyarakat yang miskin dan berkekurangan," katanya.

Selain itu, Rudy beranggapan hubungan lintas keimanan yang baik dapat memberikan manfaat secara langsung dalam stabilitas nasional. Hal ini seharusnya semakin menguatkan masing-masing umat beragama dalam mencapai kemajuan bersama sebagai sesama rakyat Indonesia.

Korelasi lintas keimanan dengan stabilitas nasional terjadi karena rakyat Indonesia hampir seluruhnya merupakan bagian dari umat beragama. Bila hubungan antarumat beriman/beragama baik, maka segala perbedaan pendapat dan kepentingan lebih mudah diatasi dengan cara berdialog dan bermusyawarah mufakat.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia juga dianggap Rudy sebagai baiknya hubungan Indonesia dengan negara Vatikan. Hal ini tentu menjadi catatan baik terhadap kadar toleransi Indonesia secara keseluruhan, mengingat Indonesia adalah negara dengan penduduk beragama Islam terbesar, dan Vatikan dianggap mewakili umat Katolik seluruh dunia.

"Relasi Indonesia dengan Vatikan sampai sekarang berjalan semakin kuat, baik melalui hubungan diplomatik formal maupun melalui hirarki gereja," kata Rudy.

Dengan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Rudy berharap agar toleransi antar umat beragama di Indonesia bisa menjadi semakin kuat dan menjadi contoh dalam keberhasilan mengelola perbedaan bagi dunia Internasional.

"Bangsa Indonesia sudah berada digaris depan dalam hubungan antar umat beragama karena sudah memiliki dasar negara Pancasila yang mempersatukan rakyat Indonesia secara menyeluruh. Bila dijalankan di dalam kehidupan sehari-hari, bermasyarakat, dan bernegara, maka Indonesia layak menjadi contoh bagi dunia internasional dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan antar warga bangsa maupun antar negara," kata Rudy.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More