Jenderal Kopassus Ini Bertaruh Nyawa Menyamar Jadi Kuli Pasar demi Memata-matai Musuh

Sabtu, 21 September 2024 - 06:32 WIB
loading...
Jenderal Kopassus Ini...
Letjen TNI (Purn) Sutiyoso menyamar menjadi mahasiswa hingga kuli pasar untuk mengetahui kekuatan musuh saat tugas operasi di Timtim. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Letjen TNI (Purn) Sutiyoso merupakan salah satu Jenderal Kopassus yang cukup disegani dan dihormati. Keberaniannya di medan operasi membuat abituren Akademi Militer (Akmil) 1968 ini kerap diterjunkan dalam berbagai misi berbahaya.

Salah satunya adalah Operasi Flamboyan yang menjadi cikal bakal dari Operasi Seroja. Operasi militer TNI berskala besar di Timor Portugis atau Timor Timur (Timtim) yang kini disebut dengan Timor Leste di akhir 1974 silam.

Dikutip dari buku bigorafinya berjudul, “Sutiyoso The Field General, Totalitas Prajurit Para Komando” dikisahkan bahwa Sutiyoso menjadi orang pertama yang ditugaskan menyusup ke perbatasan Timtim oleh Ketua G-1/Intelijen Hankam Mayjen TNI LB Moerdani.

Dalam misi berbahaya tersebut, Sutiyoso yang merupakan perwira intelijen Kopassus secara klandestin atau rahasia dan senyap masuk ke daerah musuh sendirian demi mengetahui kekuatan lawan.



Agar tidak diketahui musuh, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyamar sebagai mahasiswa yang tengah melakukan penelitian. ”Hal itu dilakukan karena bila tertangkap musuh, saya tidak bakal kembali dalam keadaan hidup,” kenangnya, Sabtu (21/9/2024).

Setibanya di Atambua, Sutiyoso yang saat itu masih berpangkat Kapten langsung mencari seorang penerjemah. Keduanya kemudian masuk ke perbatasan Timtim dengan menunggang kuda. Medan yang sangat berat dan terjal harus dilalui Sutiyoso.

Jenderal Kopassus Ini Bertaruh Nyawa Menyamar Jadi Kuli Pasar demi Memata-matai Musuh


Dari atas perbukitan, Sutiyoso dengan menggunakan teropong kecil mengamati wilayah Timtim. Mencari celah di antara pos penjagaan perbatasan yang sangat ketat. Setelah memperhatikan secara cermat, Sutiyoso akhirnya menemukan dua titik yang bisa menjadi pintu masuk ke Timtim.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0892 seconds (0.1#10.140)