5 Fakta Reshuffle Kabinet Agustus 2024, Dua Politisi Gerindra Jadi Menteri dan Wamen

Senin, 19 Agustus 2024 - 17:40 WIB
Bahlil Lahadalia, Supratman Andi Agtas, Rosan Roeslani, dan Angga Raka Prabowo dilantik menjadi menteri dan wakil menteri di Istana Negara, Senin (19/8/2024). FOTO/BIRO PERS SETPRES
JAKARTA - Reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (19/8/2024) hari ini, memunculkan sejumlah fakta menarik. Dari empat menteri dan wakil menteri yang dilantik, dua di antaranya merupakan politikus Partai Gerindra .

Perombakan kabinet didasarkan pada Keppres No 92/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 dan Keppres Nomor 52/M Tahun 20204 tentang Pengangkatan Wamenkominfo Kabinet 2019-2024.

Dalam Keppres terdapat total 3 Menteri dan 1 Wakil Menteri yang terkena reshuffle. Selain itu, ada pula 3 Kepala Badan yang dilantik.





5 Fakta Reshuffle Kabinet

1. Menteri dan Wamen yang Terkena Reshuffle

Menteri yang terkena reshuffle kabinet adalah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly yang digantikan Supratman Andi Agtas.

Kemudian Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif digantikan Bahlil Lahadalia. Bahlil juga digadang-gadang bakal menjadi Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto.

Selanjutnya posisi Bahlil sebagai Menteri Investasi diisi oleh Rosan Roeslani yang merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Terakhir, ada nama Angga Raka Prabowo yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo). Angga merupakan politikus Partai Gerindra yang menjabat sebagai Ketua Bidang Komunikasi dan Direktur Media Kampanye TKN Prabowo-Gibran.

2. Pelantikan Kepala Badan/Kantor

Selain di jajaran menteri, Presiden Jokowi juga melantik 2 kepala badan danKepala Kantor Komunikasi Kepresidenan. Mereka adalah Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi, Taruna Ikrar sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More