Setelah Yasonna Laoly Kena Reshuffle, Sisa Berapa Kader PDIP di Kabinet Jokowi?

Senin, 19 Agustus 2024 - 16:51 WIB
loading...
Setelah Yasonna Laoly...
Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Yasonna Laoly merupakan salah satu menteri yang diganti dalam reshuffle kabinet di ujung Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), Senin (19/8/2024). Foto/Setpres
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Yasonna Laoly merupakan salah satu menteri yang diganti dalam reshuffle kabinet di ujung Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), Senin (19/8/2024). Yasonna digantikan oleh politikus Partai Gerindra Supratman Andi Agtas pada posisi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham).

Yasonna mengakui sudah mengemasi barang-barangnya dari ruang kerja di Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Itu dilakukan pria kelahiran Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, 27 Mei 1953 ini setelah mendengar dirinya bakal digantikan politikus Partai Gerindra Supratman Andi Agtas dari kursi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham).

Yasonna menyatakan sudah bersiap untuk mengundurkan diri dari posisi Menkumham sebelum ada reshuffle kabinet pada hari ini. Pasalnya, ia terpilih sebagai anggota DPR RI pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Dalam reshuffle kali ini, jatah kursi menteri asal PDIP otomatis berkurang. PDIP merupakan salah satu partai politik pengusung Jokowi di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 dan 2019. Setelah Yasonna Laoly kena reshuffle, sisa berapa kader PDIP di kabinet Jokowi?

1. Pramono Anung

Setelah Yasonna Laoly Kena Reshuffle, Sisa Berapa Kader PDIP di Kabinet Jokowi?

Foto/Dok SINDOnews

Pramono Anung Wibowo lahir di Kediri, 11 Juni 1963. Pramono menjabat sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab) Kabinet Kerja sejak 12 Agustus 2015. Dia diangkat sebagai Seskab berdasarkan Keppres Nomor 8/P 2015 tanggal 12 Agustus 2015.

Saat Jokowi kembali menjadi presiden pada 2019-2024 dan membentuk Kabinet Indonesia Maju, Pramono kembali dipercaya sebagai Seskab. Dia diangkat berdasarkan Keppres Nomor 115/P 2019 tanggal 23 Oktober 2019.

Sebelum menjadi orang penting di Istana, Pramono dikenal sebagai politikus PDIP. Lulusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung, Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada, dan doktor Ilmu Komunikasi Politik dari Universitas Padjadjaran ini pernah menjadi Wakil Sekjen DPP PDIP.

Pada tahun 2005, Pramono naik jabatan menjadi Sekretaris Jenderal PDIP. Di legislatif, Pramono menjadi anggota DPR sejak 1999. Dia pernah menjabat posisi penting, yakni wakil ketua DPR RI periode 2009-2014.

2. Tri Rismaharini

Setelah Yasonna Laoly Kena Reshuffle, Sisa Berapa Kader PDIP di Kabinet Jokowi?

Foto/Dok SINDOnews
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)