Istana Wapres Mulai Dibangun di IKN, Ma'ruf Amin Harap Jadi Sumbu Perubahan

Senin, 12 Agustus 2024 - 11:07 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin melakukan ground breaking Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). FOTO/MPI/BINTI MUFARIDA
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin melakukan ground breaking Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). Hal ini menandai dimulainya pembangunan Istana Wapres.

"Pada hari ini kita bersyukur dapat menjadi saksi sejarah pembangunan negeri kita, pembangunan Istana Wakil Presiden di IKN adalah sebuah langkah penting dalam wujudkan masa depan Indonesia yang lebih maju sejahtera dan berkeadilan," kata Wapres dalam sambutannya.

Wapres mengatakan pembangunan Istana Wakil Presiden di IKN memiliki arti strategis selain menjadi kebanggaan karena merupakan karya anak bangsa, bangunan ini diharapkan dapat menjadi salah satu pusat aktivitas kenegaraan yang mencerminkan nilai-nilai kebangsaan, integritas, dan pelayanan publik.





"Lebih dari itu Istana ini harus menjadi sumbu perubahan dan tempat lahirnya berbagai kebijakan penting yang menyangkut hajat hidup rakyat Indonesia," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wapres pun menyampaikan beberapa pesan yang perlu menjadi perhatian bersama dalam pembangunan Istana Wapres. "Pembangunan Istana Wakil Presiden harus mengedepankan prinsip keberlanjutan dan ramah lingkungan pastikan setiap tahap pembangunan dilakukan dengan prinsip ramah lingkungan agar meminimalkan kerusakan alam dan mendukung efisiensi energi," katanya.

Wapres juga meminta agar diaplikasikan teknologi hijau melalui penggunaan material yang berkelanjutan, sehingga Istana yang dibangun tidak hanya bagus secara fisik tapi juga harmonis dengan alam sekitar.

"Libatkan masyarakat lokal dalam berbagai aspek pembangunan agar meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar, sekaligus menjunjung nilai-nilai dan budaya lokal," ujarnya.



Ma'ruf Amin mengapresiasi Kementerian PUPR dan seluruh pihak yang telah berperan serta dalam proses perencanaan dan persiapan pembangunan Istana Wakil Presiden. "Saya berharap proyek ini dapat menjadi katalisator bagi pertumbuhan ekonomi lokal melalui peningkatan peluang kerja dan usaha yang pada akhirnya turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar," katanya.

"Selain itu semoga pembangunan Ibu Kota Nusantara termasuk Istana Wakil Presiden ini dapat berjalan lancar dan tepat waktu serta Memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masa depan bangsa dan negara kita,” paparnya.

"Akhirnya dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim proyek groundbreaking Istana Wakil Presiden di IKN saya nyatakan resmi dimulai," kata Wapres yang dilanjutkan penekanan sirine tanda dimulainya pembangunan.
(abd)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More