Letnan Jenderal TNI Berasal dari Kopassus, Ada Kasum TNI, Waka BIN hingga Pangkostrad

Rabu, 10 Juli 2024 - 06:35 WIB
4. Letjen TNI Eko MargionoEko Margiono juga merupakan perwira tinggi (Pati) berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI jebolan Kopassus. Saat ini, Eko Margiono menjabat sebagai Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Jenderal Kopassus kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 12 Mei 1967 ini juga sosok Jenderal TNI yang memiliki karier cemerlang. Jabatan penting yang pernah di embannya di antaranya, Gubernur Akmil, Danjen Kopassus, Pangdam Jaya, kemudian Pangkostrad, Kasum TNI, Dankodiklat sebelum akhirnya diangkat menjadi Wakil Gubernur Lemhannas.

Tidak hanya itu, abituren Akademi Militer (Akmil) 1989 dari kecabangan infanteri Kopassus ini kenyang dengan pengalaman di medan operasi di antaranya di Operasi Seroja di Timor-Timur (Timtim) sekarang Timor Leste, kemudian Operasi di Papua, dan Aceh. Termasuk penugasan ke sejumlah negara di Asia, Eropa, dan Amerika.

Tak heran jika Eko Margiono memiliki sejumlah brevet kehormatan di antaranya, Brevet Para Dasar, Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Kualifikasi Cakra Kostrad, dan Brevet Kualifikasi Pandu Udara (Pathfinder).



5. Letjen TNI Rudianto

Rudianto merupakan perwira tinggi jebolan Kopassus yang juga berpangkat Letnan Jenderal TNI. Saat ini, Pria kelahiran Kudus, Jawa Timur, 7 Maret 1967 silam ini menjabat sebagai Danjen Akademi TNI.

Abituren Akademi Militer (Akmil) 1989 dari kecabangan Infanteri Kopasssus. Selama mengabdi di militer, Rudianto pernah menduduki sejumlah posisi strategis di antaranya Dan Grup 1/Kopassus, Danrem 051/Wijayakarta, Pangdam IV/Diponegoro, kemudian Irjenad, Kepala BAIS TNI sebelum akhirnya diangkat menjadi Danjen Akademi TNI.

Selama bertugas di militer, Rudianto juga pernah diterjunkan dalam tugas di medan tempur yakni, Operasi Seroja di Timor Timur (Timtim) sekarang bernama Timor Leste.



6. Letjen TNI Widi Prasetijono

Widi Prasetijono juga merupakan perwira tinggi berpangkat Letnan Jenderal TNI jebolan Kopassus. Saat ini, Widi menduduki jabatan sebagai Komandan Komando Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI AD.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More