Letnan Jenderal TNI Berasal dari Kopassus, Ada Kasum TNI, Waka BIN hingga Pangkostrad

Rabu, 10 Juli 2024 - 06:35 WIB

2. Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon

Abituren Akademi Militer (Akmil) 1992 dari kecabangan Infanteri Kopassus ini yang kini berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI. Sekarang Richard menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Pria kelahiran Jakarta, 24 Mei 1969 ini menghabiskan sebagian besar hidupnya dihabiskan di pasukan khusus TNI AD. Richard tercatat pernah menjabat sebagai Pabandya Lid Sintel Kopassus, Danyon 11/Grup 1/Kopassus, Wadan Grup 2/Kopassus, Asintel Danjen Kopassus, Komandan Grup 2/Kopassus, dan Komandan Grup 3/Kopassus hingga Wadanjen Kopassus.

Selain itu, Richard juga pernah menduduki jabatan strategis sebagai Kaskogabwilhan I, kemudian menjadi Dankoopssus TNI memimpin pasukan elite dari tiga pasukan khusus TNI AD, AL, dan AU. Selanjutnya, Pangdam XVI/Pattimura, Irjenad hingga Pangkogabwilhan III.

Jenderal Kopassus ini juga kenyang dengan pengalaman tempur di medan operasi di antaranya, Operasi Damai Cartenz, Operasi Nemangkawi, Operasi Seroja, Operasi Mandago Raya dan sebagainya.



3. Letjen TNI I Nyoman Cantiasa

I Nyoman Cantiasa merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat jebolan Kopassus yang kini berpangkat Letnan Jenderal TNI. Saat ini, dia menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN).

Lahir di Buleleng, Bali, 26 Juni 1967, I Nyoman Cantiasa merupakan jebolan Akmil 1990 dari kecabangan Infanteri Kopassus. I Nyoman Cantiasa merupakan lulusan terbaik dan peraih penghargaan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama.

Sejumlah posisi penting lain juga pernah ditempati Cantiasa sebelum menjadi Waka BIN. Di antaranya Danjen Kopassus pada 2019-2020, kemudian Pangdam XVIII/Kasuari, Pangkogabwilhan III hingga Koorsahli KSAD.

Selama mengabdi di Korps Baret Merah Kopassus, Jenderal Bintang Tiga ini pernah diterjunkan dalam berbagai operasi antara lain, Operasi Seroja, Operasi Pembebasan Sandera Mapenduma, Pemberontakan di Aceh, Operasi Nemangkawi, Operasi Damai Cartenz, Operasi pembebasan sandera kapal MV Sinar Kudus, dan Operasi Konflik Ambon 2001.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More