Soroti Harga Obat di Indonesia Mahal, Nabil Haroen: Perlu Intervensi Negara

Sabtu, 06 Juli 2024 - 15:19 WIB
“Menerapkan regulasi yang lebih ketat terkait harga obat dan mengawasi pelaksanaannya agar tidak ada pihak yang mengambil keuntungan berlebihan dari harga obat yang tinggi,” ucap Wakil Ketua Umum PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Selain itu, penguatan peran pemerintah. Menurut Nabil, pemerintah perlu mengambil peran lebih aktif dalam mengatur dan mengawasi harga obat di pasaran, termasuk dengan memberikan subsidi atau insentif bagi produsen obat dalam negeri.

“Diperlukan kolaborasi antarkementerian dan lembaga yang erat antara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan lembaga terkait lainnya untuk menyusun kebijakan yang komprehensif dan terintegrasi,” katanya.

Termasuk penggunaan teknologi untuk memantau dan mengelola distribusi obat agar lebih efisien dan transparan. Nabil menambahkan, dalam dua minggu ke depan, akan ada rapat lanjutan untuk membahas hasil kajian mendalam dari berbagai kementerian dan lembaga terkait. ”Kami berharap dari rapat ini akan lahir kebijakan yang konkret dan efektif untuk menurunkan harga obat di Indonesia,” katanya.

Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan harga obat di Indonesia dapat lebih terjangkau dan aksesibilitas masyarakat terhadap obat-obatan esensial semakin meningkat. ”Kami di DPR siap mendukung langkah-langkah yang akan diambil pemerintah untuk memastikan harga obat lebih terjangkau bagi masyarakat,” katanya.
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More