Ancaman Perubahan Iklim Meningkat, UNUSIA Gelar Kajian Fiqih Lingkungan

Selasa, 26 Maret 2024 - 20:18 WIB
“Perintah menjaga lingkungan ada di dalam Al-Qur’an dan tugas kita sebagai manusia adalah menjaga lingkungan karena dengan menjaga lingkungan kita dapat menjaga agama, menjaga harga diri, akal, harta, serta keturunan,” katanya.

Menurut dia, Islam pada dasarnya menaruh perhatian terhadap lingkungan. “Pembahasan mengenai lingkungan dalam fiqih di Indonesia mulai muncul pada periode 1960-an. Pemicunya adalah kekhawatiran terhadap bencana-bencana alam yang timbul akibat kerusakan alam,” ucapnya.

Kontribusi NU terhadap lingkungan salah satunya membuat konsep fiqih lingkungan pada tahun 1980-an. Semangat NU dalam menyusun konsep fiqih lingkungan hidup tidak terlepas dari konteks yang ada saat itu di mana negara mengajak masyarakat ikut serta dalam menjaga sekaligus melestarikan lingkungan hidup yang rusak akibat pembangunan nasional.

Dalam kesempatan itu juga dilangsungkan doa bersama untuk Palestina yang dipimpin langsung Mujib Qulyubi. Ratusan jamaah ikut memanjatkan doa untuk saudara muslim di Palestina agar dapat menjalankan ibadah Ramadan dengan khusyuk.
(jon)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More