Awal Mula Komunikasi Politik hingga Dipilihnya Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Senin, 13 November 2023 - 15:47 WIB
Cawapres Mahfud MD mengungkapkan awal mula dirinya dideklarasikan menjadi pendamping Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Foto/MPI
JAKARTA - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD mengungkapkan awal mula dirinya dideklarasikan menjadi pendamping Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Awal komunikasi politik itu terjadi empat hari sebelum diadakannya deklarasi pendamping Ganjar Pranowo pada Rabu 18 Oktober 2023. Pada saat itu, Mahfud menjelaskan bahwa ia mengadakan pertemuan khusus dengan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.





Hasto Kristiyanto lantas mengindikasikan bahwa Mahfud dianggap sebagai salah satu pilihan utama untuk mendampingi Ganjar Pranowo sebagai Cawapres di Pilpres 2024.

“Saya bertemu dengan Mas Hasto, diberitahu Pak Mahfud sudah masuk pengerucutan. Memang belum final, masih ada kemungkinan nama-nama lain tetapi Pak Mahfud ada di urutan agak utama,” ujar Mahfud perihal pertemuannya dengan Hasto Kristiyanto.

Sehari setelah secara resmi diumumkan sebagai pasangan Capres dan Cawapres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD segera mendaftarkan diri sebagai peserta Pilpres 2024. Pada saat pendaftaran, mereka juga menyampaikan visi dan misi mereka yang terfokus pada “Gerak Cepat Menuju Indonesia Unggul.”

Program Gerak Cepat tersebut bertujuan menciptakan manusia yang unggul dengan basis teknologi, melibatkan pemerataan ekonomi dengan penekanan pada sektor ekonomi hijau, ekonomi biru atau maritim, dan digital, serta proses hilirisasi.

Setelah proses pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Mahfud segera mengimbau agar pegawai Kemenko Polhukam tetap netral. Ia meminta mereka untuk tidak memberikan dukungan politik kepadanya selama pemilihan umum dan ditegaskan agar tidak menggunakan tanda atau simbol yang terkait dengan posisinya sebagai Menko Polhukam.

Menurut Mahfud, urusan terkait calon presiden dan calon wakil presiden merupakan masalah pribadi. Setelah menjadi peserta resmi pemilu, langkah selanjutnya bagi Ganjar-Mahfud adalah mengikuti tahap-tahap pemilu yang berkelanjutan hingga mencapai momen kontestasi untuk mendapatkan dukungan suara dari rakyat Indonesia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More