KSAD Kelahiran Jawa Barat, Nomor 4 Belum Sebulan Menjabat Langsung Jadi Panglima TNI

Senin, 13 November 2023 - 05:29 WIB


2. Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa

Andika Perkasa merupakan salah satu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang lahir di Jawa Barat. Lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) 1987 ini diketahui lahir di Kota Bandung, Jawa Barat pada 21 Desember 1964.

Menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono ini mengawali karier militernya di Korps Baret Merah Kopassus dengan menjabat sebagai Komandan Peleton Grup 2/Para Komando Komando Kopassus. Kemudian terpilih dalam Satuan 81 Penanggulangan Teror (Gultor) selama 13 tahun.

Andika kemudian melanjutkan pendidikan ke Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) dan lulus dengan predikat terbaik. Pada 2000, Andika masuk ke Departemen Pertahanan dan Keamanan (Dephankam) sebagai Kepala Seksi Kajian Strategi Hankam, Subdit Jaklak, Ditjakstra, Ditjen Strahan, Departemen Pertahanan. Andika kembali bertugas di Kopassus sebagai Komandan Batalyon 32/Apta Sandhi Prayuda Utama, Grup 3/Sandhi Yudha, Kopassus pada tahun 2002.

Sebagai perwira menengah (Pamen) TNI pada kepangkatan Kolonel (Inf), Andika tercatat pernah menduduki Sespri Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Komandan Resimen Induk (Danrindam) Kodam Jaya/Jayakarta di Jakarta, Komandan Resor Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera Kodam I/Bukit Barisan berkedudukan di Kota Sibolga, Sumatera Utara.

Kemudian, Andika mendapat promosi jabatan menjadi perwira tinggi (Pati) TNI dengan pangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) pada 25 November 2013 berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/871/XI/2013 tanggal 8 November 2013.

Pada 2014, Andika naik pangkat bintang dua atau Mayor Jenderal (Mayjen) sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) selama dua tahun. Kemudian 2016, Andika dipercaya mengisi posisi Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura. Dua tahun berselang, Andika kembali naik jabatan menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) dengan pangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI.

Masih di tahun sama, Andika ditunjuk sebagai Pangkostrad menggantikan Letnan Jenderal TNI Agus Kiswanto selama 4 bulan. Kemudian pada November 2018 ditunjuk sebagai KSAD ke-32. Pada 2021, Andika menjabat Panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. Setelah tak lagi menjabat Panglima TNI pada Desember 2022, Andika terjun ke dunia politik hingga saat ini ditunjuk sebagai Wakil Ketua TPN Ganjar Pranowo.



3. Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman

Dudung Abdurachman juga merupakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) kelahiran Jawa Barat. Dudung lahir di Bandung, Jawa Barat pada 19 November 1965. Dudung merupakan Alumnus Akademi Militer (Akmil) 1988B dari kecabangan Infanteri.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More