Mahfud MD Ingatkan TNI tentang Ancaman Hoaks, Ini 6 Cara Meningkatkan Literasi Digital

Kamis, 09 November 2023 - 15:34 WIB
Mahfud MD. Foto/Tangkapan layar
JAKARTA - Mahfud MD , cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 , pernah mengangkat isu pentingnya literasi digital. Hal ini terlihat ketika dirinya menjabat sebagai Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika.

Pada 15 Juni 2023, Mahfud mengingatkan prajurit Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) tentang pentingnya literasi digital dalam menjaga kedaulatan negara, terutama di tengah serangan berita palsu (hoaks) yang meluas di media sosial.

Sebanyak 165 Perwira Tinggi (Pati) dan Menengah TNI telah diberikan pemahaman literasi digital dalam sebuah kegiatan yang diadakan di Gedung Gatot Subroto, Markas Besar TNI, Jakarta Timur.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman literasi digital di kalangan TNI dan memastikan bahwa prajurit TNI menjadi bijak dan cakap dalam menggunakan teknologi digital.





Survei yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2022 menunjukkan bahwa literasi digital di Indonesia berada pada tingkat "sedang."

Maka dari itu, kegiatan literasi digital ini merupakan upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di sektor pemerintahan dan mendukung kesadaran akan pentingnya literasi digital.

Mahfud MD menyampaikan bahwa era digital membawa ancaman baru terhadap kedaulatan negara, dan TNI perlu waspada dalam menjaga kedaulatan, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan keselamatan bangsa dari ancaman militer.

Selain itu, dengan adanya tahun demokrasi yang akan datang, Mahfud MD menekankan pentingnya netralitas TNI dalam pemilu dan memastikan bahwa pemilu berlangsung aman bagi seluruh pemilih.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More