Jibaku Pemerintah Menjaga Reputasi di Tengah Pandemi

Kamis, 06 Agustus 2020 - 10:48 WIB
Mereka beranggapan bahwa dengan penerapan peraturan tersebut, artinya pemerintah serius menangani pandemi Covid-19 ini. Tentu anggapan tersebut menimbulkan rasa percaya dan keyakinan terhadap kebijakan-kebijakan yang dilakukan pemerintah. (Lihat grafis: Ilmuwan China Lari ke AS: Covid-19 Dibuat di Lab Militer China)

Bagaimana pun juga, masyarakat mengharapkan tindakan nyata dari pemerintah dalam menangani wabah Covid-19. Pembatasan sosial, anjuran stay at home, sampai adanya kebijakan “normal baru” dengan segala protokol kesehatannya merupakan upaya pemerintah mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Pemerintah ingin masyarakat tetap tenang di tengah kewaspadaan. Tujuannya adalah agar kita, baik pemerintah maupun masyarakat bahu-membahu dalam mencari solusi terbaik. Di sisi lain, pemerintah bersama para pakar juga terus melakukan kajian sebagai dasar pengambilan kebijakan-kebijakan.

Reputasi pemerintah merupakan investasi bagi ekonomi jangka panjang. Tidak ada salahnya jika pemerintah lebih sering lagi melakukan public hearing atau berdialog dengan masyarakat agar lebih mengetahui kondisi lapangan, khususnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Tindakan yang tepat tidak hanya menyelamatkan kesehatan masyarakat, tetapi juga menyelamatkan perekonomian negara.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(poe)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More