5 Daftar Profil Pakar Hukum Tata Negara, Nomor 3 Dijuluki Pendekar Hukum

Kamis, 26 Oktober 2023 - 17:55 WIB
Dengan dedikasi dan kontribusinya yang luar biasa, Yusril Ihza Mahendra telah memberikan sumbangan berarti dalam pengembangan hukum dan politik di Indonesia.

3. Mahfud MD



Prof Mohammad Mahfud Mahmodin, dikenal sebagai Mahfud MD, adalah seorang pakar hukum tata negara, akademisi, dan politikus yang berperan signifikan dalam berbagai bidang di Indonesia khususnya hukum sehingga ia dijuluki sebagai 'pendekar hukum'.

Ia memiliki latar belakang pendidikan yang kuat dan pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sejak 2019.

Selain itu, Mahfud MD juga pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dari 2008 hingga 2013. Ia saat ini diusung sebagai calon wakil presiden oleh koalisi pimpinan PDI Perjuangan, mendampingi Ganjar Pranowo, dalam pemilihan presiden Indonesia 2024.

Terlepas dari karier politiknya, Mahfud MD dikenal sebagai seorang akademisi yang produktif dengan berbagai publikasi penting dalam bidang hukum dan politik.

4. Margarito Kamis



Dr Margarito Kamis, dikenal sebagai pakar hukum tata negara Indonesia, lahir pada 27 April 1965 di Gambesi, Ternate, Maluku Utara.

Ia menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Hukum Universitas Khairun dengan fokus pada Ilmu Hukum Pidana, sebelum melanjutkan studi pascasarjana di Universitas Hasanuddin dalam bidang Hukum Agraria. Gelar doktor kemudian diraihnya dari Universitas Indonesia.

Margarito pernah menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Sekretaris Negara pada periode 2006-2007 dan juga terlibat dalam berbagai proses seleksi penting, termasuk Panitia Seleksi Komisioner KPK dan Tim Seleksi Hakim Mahkamah Konstitusi di Dewan Pertimbangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More