Genjot Pemasaran, BRG Dorong Produk UMKM Dipasarkan lewat Online

Rabu, 22 Juli 2020 - 16:02 WIB
"Masih ada di antara mereka yang menjual di pasar lokal. Kalau sudah mengikuti pelatihan ini produk mereka dapat dipasarkan online," tuturnya.

Yuyus menambahkan, selain pelatihan pihaknya juga memberi bantuan alat pendukung produksi kepada UMKM yang ada. Ini bagian dari respon penyelamatan ekonomi di masa pandemi virus Corona (Covid-19) yang dilakukan BRG.

Untuk diketahui, Kedeputian Bidang Edukasi Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG RI sendiri telah menjalankan program Desa Peduli Gambut (DPG) sejak tahun 2017. Sebanyak 525 desa telah didampingi tim restorasi daerah.

Selain memberikan dampak yang positif untuk perlindungan gambut, program DPG terbukti mampu memberdayakan kelompok masyarakat melalui pemanfaatan tanaman yang ada di lahan gambut. Serat tumbuhan gambut tersebut di produksi masyarakat mejadi produk kerajinan serta olahan makanan yang bernilai ekonomi.

Selanjutnya, masyarakat pun lebih memahami bagaimana tata kelola gambut yang baik dan benar. Bahkan mereka mulai menerapkan pertanian tanpa bakar, sesuatu yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Hal ini jelas turut mengurangi potensi pencegah terjadinya Karhutla yang kerap terjadi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More